Apartemen Rakyat akan Dibangun di Atas Pasar tradisonal Bandung

oleh -
AKTIVITAS: Sejumlah pedagang dan pembeli saat beraktivitas di Pasar Palasari, Jalan Palasari, Kota Bandung. (Foto; IST)

RADARSUMEDANG.id, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui PD Pasar Bermartabat berencana membangun apartemen rakyat di atas pasar tradisonal di Kota Bandung. Rencananya, pedangan dan penghuni apartemen bakal disesuai dengan tema pasar.

Penjabat Sementara (Pjs) Dirut PD Pasar Bermartabat, Andri Salman menjelaskan, ada sejumlah pasar yang bakal direvitalisasi dan di atasnya dibangun sebuah apartemen rakyat.

“Beberapa pasar saja yang akan direvitalisasi dan di atasnya dibangun apartemen rakyat,” ujar Andri Salman, Minggu (24/2/2019).

Pasar tersebut diantaranya, Pasar Sederhana, Pasar Palasari, Pasar Astana Anyar dan Pasar Dago. Untuk Pasar Sederhana, rencana awal akan dilakukan renovasi. Namun, kata Andri hal itu masih menunggu pihak swasta mengenai pendanaan.

“Untuk revitalisasi Pasar Sederhana dibutuhkan biaya sebesar Rp400 milyar. Kita sedang mencari pihak swasta. Kalau ada ya akan kita revitalisasi,” jelasnya.

Menurut Andri, rencananya pasar-pasar yang direvitalisasi akan dibangun dan diisi pedagang sesuai tematik. Di atasnya, diisi oleh PNS-PNS sesuai tema juga.

Untuk Pasar Sederhana misalnya, akan diisi oleh pedagang alat kesehatan. Kemudian apartemennya akan diisi oleh PNS yang bekerja di bidang kesehatan. Sedangkan di Pasar Palasari, akan diisi oleh pedagang buku dan di atasnya diisi oleh PNS yang bekerja di bidang pendidikan.

“Jadi semua dibangun dan diisi sesuai temanya,” imbuhnya.

Untuk beberapa pasar, seperti Palasari dan Dago sudah ada yang berminat. Tapi masih harus dikaji ulang pihak swasta mana saja yang bisa memberikan manfaat yang banyak.

“Maksudnya manfaat disini bukan hanya sekedar memberikan kuntungan finansial, namun juga kerjasama yang menguntungkan,” pungkasnya.

(mur)