Kisah Taruna-Taruni Akpol Diangkat Kelayar Lebar

oleh -
FOTO BERSAMA: Sejumlah pemain film 'Pohon Terkenal' foto bersama siswa. Film tersebut bercerita tentang perjalanan anak muda menjadi perwira di Akpol. ( Foto: IST )

RADARSUMEDANG.id, BANDUNG – Divisi Humas Polri melahirkan karya film layar lebar berjudul ‘Pohon Terkenal’. Film itu bercerita tentang tantangan dan perjalanan anak muda menjadi perwira di Akademi Kepolisian (Akpol). Para aktor dan aktris mengaku banyak tantangan yang harus dilalui selama proses pembuatan film tersebut.

Untuk diketahui, Film Pohon Terkenal ini akan secara resmi rilis di bioskop seluruh Indonesia pada 21 Maret 2019. Umay Shahab didapuk menjadi pemeran utama dalam film ini bersama Laura Theux, Raim Laode dan Adjis Doa Ibu.

Dijumpai di sela tour promo filmnya di Bandung, Umay mengungkapkan, di film ini ia berperan sebagai Bara yang berasal dari keluarga sederhana. Motivasinya masuk akpol karena keinginan sang ibu yang sedang sakit.

“Film tentang taruna Akpol ini kan jarang, saya pikir ini film pertama yang bertema akpol. Saya bangga dipercaya (menjadi pemeran utama), apalagi banyak pelajaran yang bisa diambil selama proses pembuatan film,” katanya saat ditemui di Jalan Trunojoyo, Kota Bandung, Senin (25/2/2019).

Umay bersama aktor lain diberi kesempatan untuk tinggal bersama para taruna Akpol di Semarang selama dua pekan. Ia terkejut dengan kedisiplinan yang diterapkan untuk calon anggota polisi.

“Saya observasi, dan ternyata kedisiplinannya luar biasa. Pakaian harus rapih, dan kegiatannya juga padat,” ujarnya.

Meski singkat, pengalaman itu membuat sudut pandangnya tentang anggota polisi bertambahm ia sadar bahwa tanggung jawab yang diemban dan pengorbanan yang diberikan para taruna polisi sangat besar.

“Setelah saya main di film ini, memang berat jadi polisi. Saya juga sempat mikir, polisi itu kaku, tapi ngga juga. Mereka asyik-asyik ko, meski tanggung jawabnya besar,” katanya.