Komunitas Barstard Ajak Warga Hidup Sehat

oleh -
FOTO BERSAMA: Anggota Komunitas Barstard foto bersama usai latihan bareng di Lapangan Supratman, Kota Bandung. ( FOTO: MUHAMMAD YAFI FAUZAN/ JOB RADAR BANDUNG )

RADARSUMEDANG.id, BANDUNG – Kota Bandung terkenal dengan segudang prestasi. Bukan hanya produk dan inovasi yang sudah dihasilkan warganya. Sejumlah komunitas di kota kembang itu juga banyak menelurkan bakatnya melalui beragam cara.

Sebut saja Komunitas Bandung Street Workout Addict (Barstard). Komunitas yang berdiri sejak (Oktober 2013) itu merupakan sebuah wadah untuk warga kota kembang yang ingin berolahraga calisthenics.

“Calisthenics adalah olahraga dengan bentuk latihan yang memaksimalkan berat badan sendiri dalam bentuk otot,” ucap Koordinator Komunitas Barstard, Dean Abdurahman saat ditemui di Lapangan Supratman, Kota Bandung, kemarin.

Untuk teknis latihan, dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok khusus orang-orang yang ingin menurunkan lemak tubuh, kemudian kelompok lainnya, seperti menambah massa otot dan kelompok wanita (ladies).

“Jadi latihannya dipisah dan porsi latihannya pun berbeda beda. Untuk yang ingin menurunkan lemak kita banyak latihan kardio. Sementara yang mau bentuk otot dan basicnya kurus tapi ingin massa ototnya nambah maka ada latihan lebih,” ujar Dean.

Dean mengatakan, saat ini komunitas yang dipimpinnya sudah beranggotakan 700 orang dari berbagai latar belakang mulai dari akademisi hingga karyawan atau pekerja swasta atau negeri.

“Namun dari jumlah tersebut kurang lebih hanya 250 orang saja yang aktif,” ujarnya.

Selain terjun untuk berolahraga, komunitas ini juga sering diundang dalam acara workshop ke sekolah dan kampus-kampus. Mereka memberikan edukasi dan pengenalan mengenai olahraga street workout.

Komunitas Barstard juga memiliki segudang prestasi. Dari sekian banyaknya member, sebagian aggotanya ada yang lolos tes Akmil dan Akpol bahkan karena sering latihan Calisthenics ada yang masuk 15 besar salah satu kontes body building. Bahkan Dean sendiri mewakili Kota Bandung di kejuaraan nasional In\donesia Street Workout Championship dan masuk 6 besar.

“Alhamdulilah komunitas ini selain wadah silaturahmi dan membuat badan sehat juga bisa membawa prestasi,” jelas Dean.

Dean menuturkan, bagi warga Bandung yang ingin bergabung bisa datang ke Lapangan Supratman, mereka bisa memilih hari yang di inginkan dan tidak di pungut biaya. Komunitas ini berolahraga pada hari Senin – Jumat pukul 18.30 21.00 WIB. Sementara untuk Sabtu & Minggu pukul 08.00 -10.00 WIB.

(cr1)