Pelaku C3 Pilih Komplek Perumahan

oleh -
ILUSTRASI : Pelaku tindak kriminal menyasar komplek perumahan yang dianggap lemah akan pengawasan keamanan. IST

RADARSUMEDANG.id, CIMAHI – Kawasan perumahan di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat kerap menjadi sasaran aksi tindakan Curat Curas dan Curanmor (C3).

Hal itu terungkap setelah tujuh orang pelaku spesialis pencurian kendaraan roda dua dan roda empat diamankan Satreskrim Polres Cimahi, beberapa waktu lalu.

“Kita sudah amankan komplotan pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) yang menyasar rumah di komplek untuk menggasak barang berharga korban, termasuk mobil dan motor,” ungkap Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, di Mapolres Cimahi Jalan Amir Machmud, Selasa (05/03/2019).

Komplotan itu diamankan di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Subang, dan Cianjur. TKP terakhir yang dijamah para pelaku yakni di Kampung Cijamil, RT 05/07, Desa Ngamprah, Kecamatan Ngamprah dan Jalan Kolonel Masturi, RT 03/02, Desa Jambu Dipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Ternyata mereka selalu menggunakan kendaraan rental untuk melancarkan aksinya. Namun jika gagal melakukan pencurian, maka mereka akan membawa kabur dan menjual mobil rental itu.

“Dari 16 tempat kejadian di wilayah hukum Polres Cimahi, komplotan itu berhasil mencuri enam unit mobil dan empat motor. Karena pakai mobil rental mereka kadang jual mobil rentalnya kalau gagal,” jelasnya.

Pelaku wanita satu-satunya di komplotan itu berperan sebagai pengintai dan pengalih perhatian warga di lokasi kejadian. Ketika warga lengah, pelaku lainnya melancarkan aksi pencurian dengan leluasa.

“Dia ini tugasnya ngobrol dengan warga, pura-pura tanya alamat atau dengan cara lain, yang penting bagaimana biar teman-temannya bisa masuk ke rumah sasaran,” ujarnya.

Atas perbuatannya, para komplotan ini diancam Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman maksimal sembilan tahun dan pasal 481 KUHPidana dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara.

“Kami imbau bagi masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan untuk mendatangi Mapolres Cimahi,” tandasnya.

(dan)