Pelipatan Surat Suara Ditarget 10 Hari Selesai

oleh -
MENATA : Petugas KPU Cimahi mulai menata kardus surat suara yang akan dilipat. ( FOTO: WHISNU PRADANA/RADAR BANDUNG )

RADARSUMEDANG.id, CIMAHI – KPU Kota Cimahi ‘paksa’ petugas sortir dan lipat surat suara untuk kerja keras mengejar target selesai sortir dan lipat sebelum pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2019.

Hal itu lantaran KPU Kota Cimahi baru melaksanakan sortir dan lipat surat suara Pemilu 2019 pada hari Jumat (15/3/2019), tertinggal jauh dari daerah lain yang sudah melaksanakan sortir dan lipat seminggu sebelumnya.

Ada 1.557.865 lembar surat suara yang yang harus selesai dilipat dalam waktu 10 hari sampai 15 hari. Pelipatan dilakukan di Gedung Hardjuno, Jalan Encep Kartawirya, Kecamatan Cimahi Utara.

Rinciannya, 1.163.964 untuk pemilihan DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi, serta 393.901 surat suara untuk pemilihan DPRD Kota Cimahi. Ditambah lagi dengan surat suara Pilpres yang belum diterima KPU Kota Cimahi.

“Kita baru mulai pelipatan surat suara lebih lambat dari daerah lain, karena terkendala gedungnya. Hari ini (kemarin) fokus ke pengangkutan surat suara dari gudang ke gedung pelipatan,” ujar Ketua KPU Kota Cimahi, Mochamad Irman, saat ditemui di GSG Hardjuno, Kamis (14/3/2019).

Untuk pelaksanaan sortir dan lipat surat  suara, KPU Kota Cimahi mempekerjakan sebanyak 200 petugas yang berasal dari warga sekitar Kantor KPU, di Jalan Pesantren.

“Masih bisa bertambah sampai 300 orang kalau memang waktunya tidak terkejar. Memang sudah mepet, makanya kita minta mereka kerjanya ngebut,” ujarnya.

Para petugas sortir dan lipat dibayar hanya Rp80 perlembar surat suara. Upah itu bertambah Rp5 dari rencana awal sebesar Rp75.

Total, KPU Kota Cimahi menyiapkan anggaran sebesar Rp140 juta untuk kegiatan sortir dan lipat. Dengan upah itu, para petugas akan dibebani target 1.500 lembar surat suara perharinya.

“Targetnya per orang bisa sampai 1.500 lembar perhari. Jam kerjanya dari pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, jadi tidak ada jam kerja yang mengikat, Sabtu-Minggu jalan terus,” katanya.

Kegiatan Sorlip akan berlangsung di dua tempat. Untuk surat suara DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Pilpres, akan berlangsung di Gedung Hardjuno. Sedangkan surat suara DPRD Kota Cimahi dilaksanakan di Gedung LKMD.

“Jam 7 pagi akan ada pengarahan dulu mengenai teknis peliapatan. Polisi juga akan melakukan penjagaan ketat di area pelipatan,” tandasnya.

(dan)