Perda Haji Ditetapkan, Pemberangkatan Calhaj Menuju Embarkasi Gratis

oleh -
: Biaya pemberangkatan calhaj dari daerah asal menuju embarkasi bakal digratiskan alias ditanggung pemda setelah Perda Haji ditetapkan

KOTA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang telah menggodok satu rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji per Rabu, (6/2) kemarin.

Yogie Yaman Sentosa selalu anggota Pansus III Pembentukan Raperda penyelenggraan ibadah haji mengatakan, melalui Raperda itu, biaya transportasi haji dari pemberangkatan dari daerah asal menuju embarkasi atau sebaliknya sedang diupayakan supaya gratis.

“Alhamdulilah kali ini Sumedang akan punya Perda mengenai haji, secara teknis anggarannya nanti akan dibebankan pada anggaran  pendapatan dan belanja daerah (APBD),” tutur Yogi kepada Radar Sumedang usai rapat pembahasan Raperda di ruang paripurna.

Dikatakannya, pembentukan Raperda tersebut didasari bahwa seyogyanya, pelaksanaan ibadah haji menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah. Sehingga diperlukan pelayanan administrasi, kesehatan, akomodasi dan transportasi, dan semua itu merupakan penunjang suksesnya ibadah haji.

Adapun beberapa poin Raperda itu lanjut Yogi diantaranya terutang dalam pada BAB II tentang Kewajiban Daerah Bagian satu Pasal 3, ayat 1 Pemerintah Daerah Kabupaten wajib memfasilitasi penyelenggaraan Ibadah Haji, ayat 2, fasilitasi Penyelenggaraan Ibadah Haji sebagaimana dimaksud pada ayat 1, meliputi, huruf a pembentukan PPIHD; dan huruf b transportasi Jemaah Haji.

Selain itu dijelaskan dalam BAB III tentang Operator Transportasi Pasal 8, yaitu, untuk kelancaran pelayanan Transportasi Jemaah Haji dari daerah asal ke Embarkasi dan dari Debarkasi ke daerah asal, ditunjuk operator transportasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.