Pemkab dan Ardindo Gelar Event Gowes Berskala Nasional

oleh -

Jadi Daya Tarik Wisata Sekaligus Undang Investor

KOTA – Kabar gembira bagi warga Sumedang dalam waktu dekat ini Kabupaten Sumedang akan menjadi tuan rumah bagi para goweser nasional.

Asosiasi Perusahaan Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan, dan Industri (Ardin) Indonesia dipilih menjadi panitia dalam event berskala nasional ini. Mereka akan memfasilitasi event itu dengan tema ‘Ardindo Gowes dan Pasar Rakyat 2019’.

Event ini akan digelar Sabtu dan Minggu (2-3 Maret 2019) mendatang, dengan melewati beberapa ruas jalan di Sumedang. Tak tanggung-tanggung, jarak yang akan ditempuh mencapai 60 kilometer, dengan titik pemberangkatan dari Kota Bandung hingga finish di Alun-alun Sumedang.

Event Manager Ardindo, Dadan Hendaya mengatakan, event ini dilatarbelakangi oleh komitmen kuat Ardin Indonesia (Ardindo) untuk mengangkat khazanah budaya dan produk lokal Jawa Barat agar tampil secara nasional maupun mancanegara.

Selain itu, event ini juga untuk menjawab publik, bahwasannya tahun politik 2019 tidak mesti ditanggapi dengan kening berkerut, lempar hoax dan iklim permusuhan.

“Kita merasa terpanggil untuk ikut menjembatani proses distribusi, sehingga daerah bisa menerima manfaat besar dengan lancarnya produk nasional. Nah, dari ratusan peserta, 180 orang di antaranya merupakan pengusaha dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin) yang punya hobi gowes. Nanti rencananya, mereka bakal dijamu, dan Pak Bupati akan presentasi tentang potensi Sumedang untuk dijual kepada para investor ini,” kata Dadan dalam konferensi persnya bersama awak media di ruang Medcom Gedung Negara, Minggu (24/2).

Disebutkan Dadan yang juga Wakil Ketua Ardindo Jabar ini, 400 pesepeda dari Jakarta, Bogor, Lampung, Bandung dan Sumedang akan berpartisipasi dalam acara ini. Bahkan sejumlah tokoh nasional pun akan hadir seperti Ketua Umum BPP Ardin, Bambang Soesatyo yang juga Ketua DPR RI, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil hingga Kapolda Jabar, Irjen Pol. Agung Budi Maryoto.

Adapun untuk rutenya, sambung Dadan, akan dimulai dari halaman Mapolda Jabar yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta No.748 menuju Jalan Ahmad Yani (Cinunuk-Cileunyi) hingga jalan Sumedang – Garut.

Dari situ peserta akan melewati ruas Jalan Parakan Muncang, Cimanggung hingga keluar lewat Simpang Pamulihan hingga berlanjut ke arah Kota Sumedang.

Dari Kota Sumedang, peserta gowes akan diarahkan ke kawasan Samoja (Patung Kuda) menuju Padasuka hingga menembus ke daerah Bojong hingga finish di Alun-alun Sumedang.

“Bendera start akan dikibarkan pada jam 05.30 di Mapolda Jabar. Nanti di point pertama (Kantor Kecamatan Cimanggung) Bupati Sumedang akan menyambut untuk menerima secara simbolis bantuan dari pada goweser dan sponsor untuk pembangunan masjid setempat. Kemungkinan perkiraan, paling telat sekira pukul 11.00 para goweser sudah finish di Alun-alun Sumedang,” bebernya.

Di tempat yang sama, Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, mengapresiasi niat Ardindo yang diyakini akan memberikan dampak positif bagi Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, event ini merupakan sebuah peluang penting bagi pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumedang. Terlebih saat ini, sesuai dengan visi misi Sumedang Simpati, dua bidang itu pihak Pemkab sendiri sedang mengupayakan supaya bisa berkembang dengan baik.

“Ini merupakan kesempatan dan peluang bagi Pemda untuk menarik para investor dalam menanamkan modal. Saya yakin event ini akan menggerakkan ekonomi Sumedang yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Pameran dan bazar ini pun sebagai pasar rakyat, berbagai produk unggulan Sumedang adalah produk yang dipasarkan oleh Ardindo,” ujarnya.

Adapun terkait beberapa produk lokal yang akan dimunculkan pada acara tersebut, pihaknya telah mempersiapkan agar instansi terkait dapat segera menyeleksi dan menyaring produk yang akan dipamerkan pada acara tersebut.

“Indag dan PMD telah menyaring semuanya, jadi nanti yang akan tampil adalah produk unggulan seperti kampung sepatu, kerajinan yang bersifat handycraft dan lain-lain, jadi itu sudah disiapkan. Yang terpenting, jangan sampai produk yang ditampilkan itu-itu saja,” tandasnya.

Selain itu akan berdampak positif bagi ekonomi lokal, event ini lanjut Dony, juga akan menjadi instrument untuk mendongkrak potensi wisata.

“Kami akan memfasilitasi kegiatan ini sebaik-baiknya, insha Allah kita juga akan perkenalkan kekayaan alam, budaya dan pariwisata di Sumedang,” pungkas Dony. (jim)