Inilah Infrastruktur Jalan yang Diperbaiki Tahun 2019

oleh -
Ruas Jalan Conggeang - Ujungjaya tahun ini bakal segera diperbaiki

Selain itu, Jalan poros Rancakalong-Sumedang Utara yang menembus kawasan  hutan, Gunung Datar akan diaspal pada tahun 2019 ini. Jalan tembus itu ada di perbatasan Kecamatan Rancakalong dengan Sumedang Utara. Kondisi jalan dengan nomor ruas 116, CIBUNGUR-PAMARISEN sepanjang 5,5 km hampir setengahnya masih berupa tanah dan bebatuan.

Jalan yang masih belum tersentuh aspal ini berada di kawasan hutan pinus perbatasan Desa Cibungur, Desa Sukamaju, Kecamatan Rancakalong dengan  Pamarisen Desa Mekarjaya dan Desa Margamukti, Sumedang Utara dan Desa Gunturmekar, Kecamatan Tanjungkerta. Ruas jalan ini akan ditingkatkan kualitasnya. Selain membuat jarak dan waktu transportasi menjadi lebih pendek antara beberapa desa di Rancakalong menuju kawasan Sumedang kota, jalan Cibungur-Pamarisen merupakan dataran tinggi yang sangat banyak tempat dan pemandangan yang indah.

Kawasan hutan dan dataran tinggi terdapat hutan pinus, ada gua peninggalan Belanda zaman perang Dunia I atau disebut Gedong Peteng yang harus dibenahi lagi. Ada wisata baru Benteng Baterai di Desa Mekarjaya yang sedang dibuat camping ground.Di kawasan ini bisa melihat hamparan Sumedang kota, Cimalaka, Tanjungkerta dari ketinggian. Gunung Tampomas dan Ciremai juga terlihat jelas bahkan laut Jawa -jika cuaca cerah- bisa terlihat jelas.

Di kawasan ini banyak hasil bumi terutama palawija dan sayur-sayuran. Pembangunan infrastruktur jalan ini menjadi  penting dilakukan di kawasan pedesaan yang berfungsi sebagai stimulus bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Anggaran peningkatan jalan Cibungur-Pamarisen ini dari APBD Sumedang dan bantuan keuangan provinsi.

Jalan menuju Surian yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Subang tak luput dari perbaikan. Salah satunya alokasi angaran itu untuk peningkatan poros jalan Kecamatan Buahdua-Surian. Tahun 2019 ini diperbaiki ruas jalan HARIANG-CISUMUR-NANGGERANG. Ruas jalan Hariang-Cisumur sepanjang 9 km kemudian Cisumur-Nanggerang yang berbatasan dengan Subang sapanjang 15,7 km diperbaiki dengan anggaran berasal dari DAK APBN dan dari APBD Sumedang.

Untuk ruas jalan Sanca-Nanggerang sejauh 3,1 km atau jalan menuju ke perbatasan Buahdua dan Indramayu juga diperbaiki dan anggarannya berasal bantuan keuangan provinsi atau APBD Jabar. Ruas Burujul-Sanca sejauh 8 km juga diperbaiki tahun ini.Kecamatan Surian yang berbatasan dengan Subang dan Indramayu itu kaya akan hasil buminya. Infrastruktur jalan harus bagus sebab selain untuk memudahkan transportasi manusia juga untuk mengangkut hasil bumi lebih mudah dan murah.(*/Adv)