Olahan Oncom Pasirreungit Didiversifikasikan

oleh -
GALERI: Tim penilai dari tingkat nasional dan provinsi serta Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir beserta Forkopimda Kabupaten Sumedang mengunjungi sejumlah galeri Desa Pasirreungit di Kecamatan Paseh pada Selasa (19/3) kemarin.

PASEH – Berbagai makanan dan minuman olahan kuliner untuk oleh-oleh khas Sumedang diproduksi Komunitas Usaha Kecil Menengah (UKM) Dusun Pasirreungittonggoh, Desa Pasirreungit, Kecamatan Paseh. Hasil produksi UKM itu antara lain keripik pisang dan keripik singkong, rengginang serta berbagai macam produk makanan olahan terbuat dari bahan oncom Pasirreungit.

Salah seorang anggota Komunitas UKM ‘Piningit’ Dusun Pasirreungittonggoh, Cucu mengatakan, produk usaha dimaksud sudah beroperasi selama tiga tahun. “Kami telah membuat banyak olahan kuliner. Terutama beranekaragam olahan produk oncom,” papar Cucu. Tujuan didirikannya UKM ‘Piningit’ agar para perempuan di Desa Pasirreungit mempunyai penghasilan.

“Penghasilan para perempuan itu dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian keluarganya,” ujar Cucu. Komunitas UKM ‘Piningit’ secara khusus mengolah berbagai olahan oncom yang selama ini telah menjadi ciri khas asal wilayah Desa Pasirreungit. Berbagai olahan oncom itu mulai dari keripik oncom, abon oncom dan pangsit oncom serta gorengan oncom.

Dia menjelaskan, tujuan olahan oncom diversifikasi itu dilakukan untuk meningkatkan daya beli masyarakat. “Selama ini tidak semua masyarakat menyukai oncom,” ucapnya. Sehubungan itu dengan pengolahan oncom menjadi berbagai aneka olahan, diharapkan lebih menambah daya tarik masyarakat sebagai konsumen untuk membeli aneka produk tersebut.

Sedangkan untuk meningkatkan pemasaran, UKM ‘Piningit’ telah melakukan berbagai langkah yang antara lain mempromosikan hasil produksi melalui media sosial (medsos). Selain itu upaya lainnya mempromosikan dengan mendatangi langsung sejumlah toko di daerah seputaran Kabupaten Sumedang dan sekitarnya serta melalui pameran-pameran.