Hj. Lilis Santika Apresiasi Kementerian Pertanian

oleh -

Berikan Bantuan bagi Sumedang Rp 46,5 Miliar

SUMEDANG – Anggota Komisi VIII DPR RI Hj Lilis Santika mengapresiasi Kementerian Pertanian yang telah memberikan sejumlah bantuan pertanian kepada masyarakat Sumedang, di halaman IPP Setda Sumedang, Rabu (27/3).

Anggota dewan dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) ini berharap dengan turunnya bantuan berupa bantuan ternak, sarana produksi, dana stimulan pengembangan usaha dan sertifikat tanah dengan total senilai Rp 46.544.012.89 bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu lewat program pertanian.

“Sebagai anggota dewan dari Sumedang tentu saja ini menjadi sebuah harapan besar untuk terus bergulirnya program-program dari pemerintah pusat ke daerah. Dan harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pemerintah daerah untuk membantu program pemerintah pusat dalam meningkatkan kesejahteraan dan mengentaskan kemiskinan,” ujar Hj Lilis usai acara.

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Annuur Sumedang ini juga menilai pemberian bantuan itu sangat tepat karena sampai saat ini Kabupaten Sumedang sendiri sebagian besar penduduknya merupakan para petani. “Bagi pemerintah daerah ini juga bisa bersinergi dengan program Sumedang Simpati yang sejak awal memang fokus dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan,” tandasnya.

Hj Lilis Santika yang bakal mencalonkan diri lagi pada Pemilu 2019 17 April nanti dari PKB dengan nomor urut 2, bertekad akan terus berupaya memperjuangkan kemajuan daerah lewat pembangunan fisik maupun non fisik dengan turut mendorong menggulirkan program-program dari pemerintah pusat.
“Mohon doa dan dukungannya semoga diberikan kekuatan, untuk mengabdikan diri bagi masyarakat Sumedang, agar kedepannya bisa terus menggulirkan program-program yang bermanfaat dan maslahat bagi masyarakat Sumedang,” tandasnya.

Sementara itu Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dalam kunjungannya ke Sumedang bersama para Dirjen, menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya yaitu untuk membantu program pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Sumedang.

Adapun bantuan yang diberikan berupa bantuan ternak, sarana produksi, dana stimulan pengembangan usaha dan sertifikat tanah dengan total senilai Rp 46.544.012.890. Bantuan tersebut diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Sumedang untuk disalurkan kepada masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Sumedang.

Sedangkan untuk masyarakat miskin lainnya, Amran akan membagikan 50 ekor ayam kampung kepada setiap kepala keluarga. “Ayamnya kami beri gratis, pakannya juga bahkan diberikan pendampingan sampai bertelur. Ini semua diberikan oleh presiden,” terang Amran dalam sambutannya.

Amran menjelaskan, masyarakat masuk kedalam kategori miskin, jika penghasilannya tiap bulan mencapai Rp 1.4 juta. Sedangkan yang dikatakan mapan bilamana pendapatan tiap bulan mencapai Rp 3 juta.

“Target bupati 12 ribu orang miskin dientaskan setiap tahunnya. Kami datang kesini membawa bantuan, Insyaallah 20 ribu angka kemiskinan kami entaskan tiap tahun. Sehingga lima tahun kedepan angka kemiskinan bisa berada di titik 5% atau 6%,” katanya.

Tak hanya itu, Amran juga menghimbau agar tidak adanya alih fungsi lahan pertanian yang dijadikan wilayah pembangunan.

Di akhiri sambutannya, Amran juga memberikan sejumlah hadiah kepada beberapa orang yang hadir. Seperti biasa, bukan Amran jika tidak memberikan hadiah berupa hewan ternak kepada beberapa masyarakat yang hadir di setiap kegiatannya di seluruh Indonesia.(rik)