Siap-Siap Para Pejabat Kena Rotasi Mutasi

oleh -
Sekda Herman Suryatman

SUMEDANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman memastikan saat ini dirinya telah melakukan seleksi rotasi mutasi jabatan di lingkup eselon dua.

Adapun pra rotasi mutasi itu kata Herman dimulai dengan dibentuknya panitia seleksi (pansel) yang terlebih dahulu memeriksa job fit (proses evaluasi jabatan) kepada 24 SKPD.

Job fit merupakan proses evaluasi kepada para pejabat untuk memastikan kesiapan secara fisik. Bila dipastikan fit, maka pejabat yang bersangkutan bisa melanjutkan karirnya.

Akan tetapi jika kurang fit, maka pansel akan merekomendasikan pejabat yang bersangkutan harus dialih fungsikan. Sehingga rotasi mutasi jabatan betul-betul dilakukan berdasarkan kompetensi kinerja.

Herman yang menjabat ketua Pansel telah menyerahkan laporan demi laporan job fit yang telah dilakukannya bersama Kepala BKPSDM Endi Ruslan dan beberapa staffnya. Pertemuan itu juga dilakukan secara tertutup di Gedung Negara, Kamis (23/5) selama kurang lebih dua jam lebih.

“Barusan Pa Bupati dan Wakil Bupati melihat seperti apa laporan yang sudah dilakukan oleh Pansel. Nanti setelah Bupati menentukan berdasarkan kewenangannya, baru para pejabat yang bersangkutan akan segera dilantik. Akan tetapi sebelum dilantik akan kita ajukan ke Komisi ASN (KASN), karena KASN tugasnya mengawasi apakah sesuai dengan aturan, kompetensi kinerja apa tidak,” tutur Herman saat ditemui sejumlah wartawan di Gedung Negara.

Dikatakannya, job fit ini berlaku hanya untuk eselen dua saja. Setelah dilakukan rotasi mutasi jabatan di tataran Kepala Dinas, maka pansel akan melanjutkan tahapan open bidding terbuka usai pelantikan para pejabat yang dirotasi.

“Jadi yang dirotasi mutasi jabatan ini adalah eselon dua atau jabatan tinggi pratama. Setelah selesai ketauan yang kosong yang mana, maka disitulah celah open bidding bisa dilakukan. Seperti halnya para pelaksana tugas (Plt) itu bisa berpartisipasi dalam open recruitment ini, kan sifatnya terbuka,” urainya.

Herman juga menegaskan, pada prinsipnya Bupati Sumedang betul-betul berintegritas dalam menentukan rotasi mutasi jabatan. Kendati demikian, dirinya pun enggan menyebutkan kapan rotasi mutasi jabatan akan dilaksanakan.

“Pa Bupati mengikuti kaidah-kaidah sesuai dengan UU ASN dan PP 11 tahun 2017 tentang PNS. Soal waktu tunggu saja,” tandasnya. (jim)