Pura-pura Jual Tokek, Gondrong cs Terancam 12 Tahun Penjara

oleh -
SUMEDANG – Sat Reskrim Polres Sumedang berhasil menangkap 3 orang tersangka kasus tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas), dengan modus operandi membohongi korbannya, dengan berpura-pura akan menjual tokek berukuran besar.
Tersangka yang ditangkap berinisial AL alias H. Ujang, AD alias Asdang, dan S alias Gondrong. Sementara AL alias Lintang masuk DPO.
Kapolres Sumedang, AKBP Hartoyo mengatakan, dalam aksinya, tersangka berpura-pura akan menjual tokek ukuran 45 cm kepada korban, akhir Mei 2019 kemarin. Namun, tersangka tidak memiliki tokek yang dijanjikan.
“Jadi antara korban dan para tersangka ini janjian ketemu untuk transaksi. Saat bertemu itulah tersangka menyemprotkan cairan balsem ke mata korban, lalu mengambil uang yang dibawa korban untuk membeli tokek,” ujar Kapolres, didampingi Kasat Reskrim AKP Dede Iskandar, kepada wartawan, Senin (3/6/2019).
Kapolres menuturkan, tersangka melakukan aksinya di wilayah Dusun Mekarwangi Desa Jatimekar Kecamatan Situraja. Para tersangka membawa kabur uang korban sebesar Rp. 45 juta.
Sebelumnya, para tersangka juga melakukan aksi yang sama di wilayah Desa Keboncau Kecamatan Cisarua, pada Bulan April lalu. Di Cisarua, komplotan ini berhasil membawa kabur uang korban sebesar Rp. 85 juta, setelah menyetrum korbannya dengan alat setrum, taser gun.
“Mereka ini bagi-bagi tugas, ada yang menipu korbannya, ada yang mengawasi keadaan, ada yang eksekusi,” ujarnya.
Tersangka Ujang dan Asdang ditangkap di sebuah rumah makan Padang di Jl. Prabu Geusan Ulun pada 1 Juni. Dari keterangan keduanya, polisi juga menangkap Gondrong di rumahnya, Dusun Nanggewer Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara.
Dari tangan para tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa 3 HP merk LG warna hitam, 1 buah Air Soft Gun jenis FN, 1 unit mobil Toyota Kayla warna hitamNopol B 1336 WZO, 3 sepeda motor, uang tunai Rp. 1 juta, serta 1 botol Eu De Cologne Spray  merk Jan  Viere Silveria bekas cairan berisi minyak gosok.
Atas perbuatannya itu Gondrong cs dijerat Pasal  365  KUHP dan pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman 12 kurungan penjara. (gun)
oleh