Sumedang Jadi Tempat Vicon Sidang MK

oleh -
JATINANGOR – Sebanyak 237 personil TNI-Polri dari Kodim 0610/ Sumedang dan Polres Sumedang disiagakan untuk pengamanan jalannya sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).
Sumedang sendiri menjadi salah satu tempat digelarnya sidang secara video conference, tepatnya di Gedung 3 Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Jatinangor.
“Personil dengan pakaian preman akan diperbanyak, sementara yang pakaian dinas akan mengcover lingkungan Unpad, bila terjadi perkembangan gangguan kamtibas,” kata Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo didampingi Dandim 0610/ Sumedang, Letkol. Arh. Novianto Firmansyah, saat meninjau kesiapan lokasi sidang pemeriksaan saksi, di Unpad, Kamis (13/6).
Selain TNI dan Polri, sebanyak 150 petugas keamanan dari Unpad juga akan dilibatkan dalam pengamanan jalannya sidang. Dikatakan, hanya saksi yang diperiksa yang bisa masuk ke ruangan.
“Hanya saksi (yang boleh masuk), apabila ada pengikut, kita sudah siapkan room untuk memantau jalannya persidangan, ruangan ini cukup untuk menampung 200 orang,” ujarnya.
Sementara itu, Dandim Sumedang, Letkol. Arh. Novianto Firmasnyah mengatakan, TNI tetap bersinergi dengan Polri untuk pengamanan sidang PHPU. Dikatatakan, Ia akan mensiagakan personilnya, termasuk mengantisipasi kelompok-kelompok yang akan melakukan pergerakan.
“Sampai saat ini kami tidak mendeteksi adanya kelompok yang akan melakukan pergerakan. Malah kelompok yang menyampaikan gugatan juga mencegah masanya datang ke Jakarta. Jadi intinya Sumedang ini kondusif,” tuturnya.
Iapun mengajak seluruh elemen menjaga situasi kamtibmas selama proses sidang di MK berlangsung.
Dikatakan, jalannya sidang di daerah agar masyarakat di wilayah daerah juga bisa memantau jalannya persidangan.
Sementara itu, Sekretaris Direktorat Tata Kelola dan Komunikasi Publik pada Universitas Padjajaran, Dadang Abdurahim menyebutkan, pihaknya sudah bekerjasama dengan MK untuk menggelar sidang pemeriksaan saksi via video conference.
“Intruksi dari MK kita menggelar sidang MK dari tanggal 14 sampai 28 Juni. Insya Allah semua keperluan untuk vicon sudah siap 100 persen,” ucapnya. (gun)
oleh