Bupati Berharap Sepulang Haji Calhaj Hafal Al-Qur’an

oleh -
BIMSIK: Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang H Hasen (kanan) saat meninjau langsung kegiatan bimbingan manasik di halaman Kantor Kemenag. Tampak Pimpinan KBIH Asy Syifaa Abuya KH Muhyiddin Abdul Qodir Al-Manafi (kiri) tengah membimbing jamaah calhaj, Selasa (2/7/2019).

KOTA – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir beharap seluruh jamaah calon haji asal Sumedang bisa lebih khusyuk dalam melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

“Kita harus tenang dan pasrah kepada Allah SWT dalam menjalankan ibadah haji, jangan banyak pikiran sehingga ibadah kita dapat diterima,” kata Bupati saat penutupan bimbingan manasik sekaligus pelepasan calon haji asal Kabupaten Sumedang di Gedung Islamic Center, Selasa (2/7/2019).

Dikatakan, dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci, para jamaah hendakhya memiliki target. Bahkan diharapkan selama menjalankan ibadah haji bisa khatam Al-Quran 30 juz.

Dalam kesempatan itu bupati juga berkesempatan secara simbolis menyerahkan bendara dan perlengkapan jemaah, sebagai tanda dilepasnya calhaj asal Kabupaten Sumedang.

Usai dilepas bupati, para jemaah calon haji Sumedang mengikuti kegiatan praktek manasik haji tingkat Kabupaten.
Kepala Kemenag Sumedang H. Hasen mengatakan, praktek manasik haji yang digelar kemarin merupakan rangkaian terakhir kegiatan manasik yang digelar Kemenag Sumedang.

“Sebelum mengikuti penutupan kegiatan mansik, para calhaj ini mengikuti pembukaan tanggal 25 Juni dan kegiatan manasik di masing masing KUA sebanyak 6 kali pertemuan. Terakhir 2 Juli merupakan penutupan diakhiri dengan praktek manasik,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tahun ini sebanyak 896 orang jamaah calon haji ditambah 3 orang TPHD asal Kabupaten Sumedang akan diberangkatkan ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji yang terbagi dalam tiga kloter. (gun)