Pelajar Asal Sumedang Ikut Harumkan Indonesia dalam ASEAN School Games 2019

oleh -
Refka Djalu Pangestu (kanan/insert) bersama teman satu timnya menyempatkan berpose dengan Menpora Imam Nahrowi usai ASG 2019 di Semarang beberapa waktu lalu. Dalam ajang itu Refka dan Timnas Basket U-18 berhasil melaju babak final dan meraih medali perak.

SUMEDANG–Salah seorang pelajar asal Sumedang ikut mengharumkan Indonesia dalam ajang bergengsi ASEAN School Games (ASG) 2019 yang dihelat di Semarang Jawa Tengah. Dia adalah Refka Djalu Pangestu yang turut memperkuat Timnas Basket Indonesia U-18 yang berhasil menghantarkan ke babak final pada Senin (27/7/2019) lalu.

Meski pada final ASG harus rela hanya meraih medali perak, namun sebelumnya, Timnas Basket Indonesia U-18 juga berhasil mengalahkan Timnas Basket Thailand dengan skor 65–55. Momentum ini juga sekaligus mencatatkan sejarah pertama kalinya Timnas Basket U-18 Indonesia bisa lolos sampai babak final.

Ibunda Refka Djalu Pangestu, Tintien Suhartini, S.Pd didampingi suami Agus Pangestu, warga warga Ling. Babakan Hurip RT 02 RW 13 Kecamatan Sumedang Utara ini mengaku bangga dengan prestasi putranya yang kini masih tercatat sebagai pelajar kelas XII SMA 116 PPOP Ragunan Jakarta Selatan. Sebagai orang tua Tintien yang juga seorang pengajar Bahasa Inggris ini mendorong kiprah putranya agar terus berprestasi dalam bidang olahraga basket.

“Alhamdulillah saya sebagai orang tua merasa bangga memiliki putra yang ikut membela nama negara meski hanya meraih medali perak pada babak final dalam ASG 2019 lalu di Semarang,” ucap Tintien baru-baru ini.

Tintien mengulas beberapa prestasi yang pernah diraih pelajar kelahiran Sumedang 1 Januari 2002 ini sebelum masuk SMA yang banyak mencetak atlet nasional itu. “Memang bakat olahraganya dalam bola basket. Sewaktu SMP pernah ikut Popwil dan kejurda-kejurda. Hingga akhirnya mengikuti beberapa seleksi untuk masuk SMA Ragunan Jakarta dan sekarang sekolah disana,” ulasanya.