Hj. Lilis Santika Dorong Penyelesaian RUU Penuntasan Kekerasan Seksual

oleh -
RAPAT KOMISI: Anggota Komisi VIII DPR RI asal Fraksi PKB Hj Lilis Santika menyampaikan pandangannya dalam rapat komisi bersama panja pemerintah yang membahas penyelesaian RUU PKS, Selasa (3/9/2019).

JAKARTA—Penuntasan masalah kekerasan seksual harus segera diselesaikan terutama dalam ranah penuntasan regulasi sebagai payung hukum. Demikian ditekankan Anggota Komisi VIII DPR RI asal Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Hj. Lilis Santika dalam rapat komisi membahas DIM RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) bersama panja pemerintah, Selasa (3/9/2019).

Anggota dewan asal Dapil Jabar IX (Sumedang, Majalengka dan Subang) ini menjelaskan pentingnya pemerintah menaruh perhatian khusus dalam penanganan masalah penghapusan kekerasan seksual ini lantaran dari sekian banyak contoh kasus benar-benar memprihatinkan.

“Banyaknya kasus kekerasan seksual membuat kami di DPR merasa prihatin terlebih dari sekian banyak kasus yang menjadi korbannya tidak hanya perempuan tetapi ada juga anak-anak di bawah umur, kelompok disabilitas miris sekali,” ucap Hj Lilis.

Untuk itu Komisi VIII lanjut Hj Lilis merasa berkepentingan untuk menaruh perhatian khusus dalam mengawal dan membahas RUU PKS tersebut. “RUU PKS ini merupakan lex spesialis yang mana sudah sangat mendesak untuk didorong disahkan,” tandasnya.

Dalam rapat komisi itu, Hj Lilis mendorong agar Komisi VIII untuk segera menuntaskan RUU PKS agar penanganan terhadap kasus kekerasan seksual bisa segera ditangani secara berkeadilan. “Agar kelompok rentan kekerasan seksual bisa terlindungi dan pelakunya mendapatkan efek jera,” pungkasnya.(*/rik)