Rahasia Dua Pelajar MTsN 1 Sumedang Raih Juara 2 Kompetisi Robotik Nasional

oleh -
Penyerahan hadiah para juara kompetisi robotik madrasah, satu tim diantaranya dua pelajar MTsN 1 Sumedang

SUMEDANG–Dalam kompetisi robotik madrasah itu dua orang pelajar MTsN 1 Sumedang yakni M. Ahadiat Al-Kalajy dan Rizky Perdana Giri mengikuti kategori mobil pemilah sampah. Sebelum lomba, keduanya berlatih secara intensif untuk mempersiapkan kompetisi baik di kampus sekolah maupun di rumah pembina.

Pendamping dan Pembina MTsN 1 Sumedang dalam Kompetisi Robotik Madrasah 2019, H. Nurdin S.Ag. M.P.Fis menyebutkan nama robot hasil kreasinya adalah Ladrefame Go Beyond yang berfungsi memilah sampah dan menemukan sampah. Tujuannya untuk membantu manusia mempermudah memilah sampah, menghemat sumber energi, ramah lingkungan, menjadi sarana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak serta menghemat biaya pengolahan sampah.

Alat dan bahan terdiri dari XS motor, motor enconder, modul kamera, controller, component-component robot, tangan robot, catu daya, kit robotic component fishertechnick, kabel, obeng, laptop dan lampu LCD.

Sementara langkah kerjanya pertama menyalakan controller yang dipastikan terhubung ke catu daya. Kedua, tekan tombol mulai pada layar controller dan setelah itu robot mulai mengaktifkan program. “Kemudian robot akan maju mengikuti lane, pada saat itu juga robot akan mulai mendeteksi sampah dengan menggunakan sensor yang berada pada kamera,” jelasnya.

Apabila robot sudah mulai menemukan sampah, dia akan mulai mengambilnya sendiri dengan lengannya dan menempatkannya pada bak sampah yang berada di bagian belakang mobil serta setelah itu robot melanjutkan perjalanannya. Apabila dalam perjalanan ada halangan, robot secara otomatis mencari alternatif yang lain atau robot akan menghadapinya, apabila rintangan tersebut harus dilalui agar mendapatkan poin.

“Setelah itu robot akan menempatkan sampah pada tempat yang sudah disediakan sesuai jenisnya dan terakhir robot akan menuju garis finish dan berhenti selama tiga detik,” sebutnya. (tri)