Siswa TK/RA Bisa Belajar Sambil Bermain dalam Ajang EXIST 2019

oleh -
IST Kepala SDIT Insan Sejahtera Destryana Riffandi (tengah) berfoto bersama tiga orang siswa RA/TK yang meraih penghargaan sebagai peserta terdisiplin, teraktif dan terramah dalam ajang EXIST 2019.

SUMEDANG–Kegiatan EXIST (Explore Insan Sejahtera) yang digelar SDIT Insan Sejahtera Toga diapresiasi positif para guru, siswa dan orang tua siswa RA/TK. Menurutnya kegiatan yang menjadi agenda tahunan salah satu SDIT favorit di Sumedang itu sangat bagus dalam merangsang tumbuh kembang anak.

“Terutama dalam hal membangun pendidikan karakter bagi anak sebagaimana yang ditekankan oleh pemerintah,” ujar Kepala RA Kuntum Qurrota’ayun Iin Gustiyani di sela-sela mengikuti kegiatan EXIST, Kamis (12/12/2019).

Selain memberikan pemahaman dan pengenalan lingkungan sekolah yang bakal dijalani oleh siswa-siswi RA/TK kedepannya, lanjut Iin, melalui kegiatan itu pula bisa memberikan pertimbangan bagi para orangtua siswa RA/TK yang akan menyekolahkan putra-putrinya ke jenjang SD/sederajat.

“Dalam acara itu juga diberikan pemahaman bahwa tumbuh kembang anak itu dominan dipengaruhi lingkungan. Jadi bagi para orang tua sangat penting sekali memilih sekolah yang benar-benar memberikan pengaruh positif bagi buah hatinya. Tidak hanya dijejali ilmu akademik tetapi juga ada ilmu yang menunjang akidah, akhlak dan life skill sehingga kedepannya menjadi generasi yang berkarakter Qur’ani,” urai Iin.

Sementara itu Shidqia Muhtazaqia, siswa kelas B Octopus RA Kuntum Qurrota’ayun mengaku senang bisa mengikuti kegiatan EXIST. “Menyenangkan acaranya bisa melihat robotik, menyanyi Bahasa Inggris, menyiram bunga di taman, memberi makan kelinci dan ikan dan ikut diajari main angklung,” ungkap Shidqia.

Dalam ajang EXIST (Explore Insan Sejahtera) itu tiga siswa RA Kuntum Qurrota’ayun mendapatkan apresiasi sebagai peserta terdisiplin (Shidqia dan Farhat) dan teraktif (Atharis). Seperti diketahui dalam EXIST terdapat sejumlah agenda penting Robotic Explorer, Fun Science & Math, Fun English, Gardening, Angklung Experience dan Qiraati Class. Acara juga bertambah seru dengan digelarnya Lomba Ranking 1 yang mengasah kepintaran siswa-siwi RA/TK.(rik)