Reses Perdana, Kang RinSo Optimis Cetak Desa Sukses di Dapilnya

oleh -
Kang RinSo saat menyampaikan sosialisasi program yang digulirkan DPRD Provinsi Jabar dalam reses

SUMEDANG-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat dari Daerah Pemilihan Jawa Barat XI (Sumedang, Majalengka, Subang) H. Ridwan Solichin, S.I.P., M.Si dalam reses perdananya optimis bisa mencetak Desa Sukses di Dapilnya.

Reses yang dilaksanakan pada tanggal 2-11 Desember 2019 ini, bertujuan untuk menyerap aspirasi dari masyarakat. “Reses ini hampir sama fungsinya dengan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) yang ada di desa-desa,” ucap Kang RinSo saat Reses di Desa Darmaraja, Rabu (11/12/2019).

Untuk itu, lanjut Kang RinSo, sapaan akrab Ridwan Solichin, melalui reses ini, usulan program dari masyarakat memiliki kekuatan hukum yang sama dengan usulan saat Musrenbang. Hanya saja, Sekretaris Fraksi PKS DPRD Jawa Barat ini menambahkan, kalau Musrenbang melalui desa, kecamatan, kabupaten dan instansi seterusnya. Sementara kalau reses, usulannya masuk langsung ke Anggota Dewan.

Sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang baru, Kang RinSo duduk di Komisi I, yang membidangi soal pemerintahan, salah satunya adalah pemerintahan desa. Sejak 2010, dirinya sudah membangun Gerakan Desa Sukses, yaitu suatu gerakan yang konsen untuk membina desa supaya desa itu bisa Sejahtera, Unggul, Kreatif, Sehat dan Agamis.

Terlebih saat ini, dirinya duduk di Komisi 1 yang membidangi masalah desa. Dalam reses perdananya ia selalu menyampaikan ‘Kalau Jabar ingin Juara Lahir dan Bathin, maka Desanya dulu harus Juara Lahir bathin’.

Maka dari itu, ia beranggapan, melalui program Desa Sukses yang digagasnya, bisa mewujudkan Jabar Juara Lahir dan Bathin dimulai dari desa.