Pelaku Usaha Harus Sabar dan Gigih, Optimis Ekonomi Sumedang Tumbuh

oleh -
Branch Manager Rejeki Toyota Sumedang Ade Santoso

KOTA–Ekonomi Sumedang oleh sebagian kalangan pelaku usaha diyakini akan terus tumbuh seiring dengan selesainya beberapa proyek skala nasional seperti halnya dengan pembangunan jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi Sumedang Dawuan) yang ditarget bisa digunakan tahun 2021.

Seperti disampaikan Branch Manager Rejeki Toyota Sumedang Ade Santoso, pihaknya sangat optimis ekonomi Sumedang akan mengalami pertumbuhan seiring selesainya jalan tol.

“Bagi kami sebagai pelaku ekonomi optimis dengan adanya jalan tol Cisumdawu ini akan berimbas dengan naiknya pertumbuhan ekonomi Sumedang itu sendiri,” ujar pria yang memiliki leluhur asal Situraja ini.

Branch manager yang sudah malang melintang dan kaya pengalaman di beberapa cabang dealer Rejeki di Indramayu (Rejeki Toyota Indramayu tahun 2018) dan Majalengka (Rejeki Daihatsu Majalengka tahun 2013-2017) ini pertumbuhan ekonomi itu harus dibarengi dengan daya tarik yang ada di Sumedang itu sendiri.

“Sumedang harus mampu menjadi daya tarik agar setelah selesai tol menjadi daerah tujuan wisata. Karena Saya sendiri meski belum lama di Sumedang melihat potensi wisata disini cukup mengesankan. Jika dikelola dan dikembangkan dengan baik seperti halnya target pemda Sumedang menjadikan daerah destinasi wisata bisa tercapai,” terang Ade yang baru setahun lebih menjabat Branch Manager Rejeki Toyota Sumedang ini.

Pria asal Indramayu ini juga berbagi kiat bagi seluruh pelaku usaha di Sumedang di tengah kondisi ekonomi yang masih stagnan. “Untuk dua tahun terakhir ini memang stagnan, kiatnya bagi seluruh pelaku usaha harus sabar dan gigih. Karena prediksi kami baru 2021 ekonomi bisa pulih kembali. Ya, dengan sabar dan gigih mampu keluar dari kondisi sulit sekalipun,” tandas ayah dua orang anak ini yang hobi traveling.