Ini Yang Dilakukan DKM Al-Alif Agar Tetap Bisa Gelar Sholat Jumat

oleh -

TANJUNGSARI – Ditengah pandemi virus corona atau covid-19. Sejumlah Masjid Besar dan juga masjid-masjid yang lokasinya berdekatan atau berada dipinggir jalan nasional dan jalan provinsi sudah mulai menutup sementara atau tidak menyelenggarakan pelaksanaan sholat jumat.

Sementara itu, sejumlah masjid yang berlokasi di perkampungan atau di wilayah-wilayah yang lokasinya jauh dengan jalan nasional atau jalan provinsi saat ini masih tetap melaksanakan sholat jumat.

Seperti di Masjid Al-Alif misalnya, Masjid yang berlokasi di Perumahan Panorama Jatinangor RW 12 Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari ini masih tetap melaksanakan sholat jumat seperti biasanya.

Namun untuk mencegah penyebaran virus covid-19 ini. Pengurus DKM Al-Alif menerapkan standar kebersihan sekaligus standar pencegahan virus covid-19 bagi jemaah yang akan melaksanakan sholat jumat diantaranya adalah dengan di semprotkan cairan disinfektan non alkohol, cuci tangan pakai sabun, hingga diwajibkan menggunakan masker.

“Kita masih ingin tetap bisa menjalankan ibadah sholat jumat dengan khusyu, sehingga kita menerapkan aturan yang harus dipatuhi oleh jemaah, diantaranya jemaah harus mau di semprotkan cairan disinfektan non alkohol saat masuk gerbang masjid, kemudian sebelum masuk masjid jemaah harus mencuci tangan menggunakan sabun di tempat yang sudah kita siapkan dan setelah di itu disemprotkan ke tangan cairan hand sanitizer kemudian jemaah akan di berikan masker secara gratis untuk di pakai,” ujar Ketua DKM Al-Alif H Muslim.

Sehingga, kata H Muslim jemaah yang akan melaksanakan sholat jumat bisa benar-benar khusyu tanpa harus was-was atau takut terpapar oleh jemaah lainnya.

“Meski begitu, kita juga menyarankan bagi jemaah yang ingin menjaga jarak dalam pelaksanaan sholat jumat bisa mengambil shaf di belakang, sementara yang di depan itu menyesuaikan yang penting pelaksanaan sholat berjalan dengan tertib,” katanya. (Isl)