Puskesmas Margajaya Bersama Melawan Korona

oleh -
Kepala Puskesmas Margajaya drg Iting Mursyidah Hanum (kedua dari kanan) saat briefing pelaksanaan disinfeksi masal di wilayah Puskesmas Margajaya di Kecamatan Tanjungsari, baru-baru ini.

TANJUNGSARI–Puskesmas Margajaya yang berada di Jalan Ciluluk Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari terus mengintensifkan upaya-upaya untuk mencegah penyebaran pandemi virus korona atau Covid-19.

Kepala Puskesmas Margajaya drg. Iting Mursyidah Hanum menuturkan dengan diikutsertakannya puskesmas dalam penanganan wabah Covid-19 ini diyakini mampu mendeteksi dini kasus korona.

“Sebagaimana diinstruksikan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 jika ada yang mengalami keluhan kesehatan yang dikhawatirkan terpapar korona bisa datang terlebih dahulu ke puskesmas setempat,” kata drg Iting baru-baru ini.

Drg Iting mengatakan kewenangan puskesmas hanya mendeteksi dini untuk kemudian merujuk pasien ke rumah sakit yang ditunjuk.

“Ketika seseorang menunjukan gejala yang mengarah kepada korona seperti batuk dan pilek suhu tubuh tinggi maka puskesmas dapat segera merujuk yang bersangkutan ke rumah sakit,” imbuhnya.
Selain memiliki kewenangan deteksi dini dalam penanganan Covid-19 di wilayah Tanjungsari meliputi Desa

Margajaya, Desa Cinanjung, Desa Raharja, Desa Gunung Manik dan Desa Kutamandiri, Puskesmas Margajaya juga melakukan beberapa upaya pencegahan dan edukasi Covid-19.

“Kami melaksanakan edukasi keliling se-wilayah Puskesmas Margajaya dengan bekerjasama lintas sektor. Kemudian ikut melaksanakan penertiban dan edukasi kepada masyarakat untuk tidak berkerumun termasuk ke sekolah dan masjid-masjid serta tempat ibadah,” urainya.

Untuk memutus rantai penyebaran virus korona, puskesmas Margajaya juga telah mengintensifkan penyemprotan disinfektan (disinfeksi) masal di wilayah Kecamatan Tanjungsari.

“Baru-baru ini kami juga sudah mampu melakukan pemeriksaan rapid test pada ODP dan karyawan puskesmas,” imbuhnya.(*/rik)