SMK Ma’arif 1 Sumedang Gratiskan PPDB 2020

oleh -
Salah seorang panitia PPDB SMK 1 Ma'arif Sumedang H Dedi Rohaedi (kiri) berpose di samping spanduk PPDB baru-baru ini

RADARSUMEDANG.ID–Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif 1 Sumedang mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 dari Februari sampai Juli 2020. Kepala SMK Ma’arif 1 Sumedang Yosep Hermanto melalui salah seorang panitia PPDB H Dedi Rohaedi mengatakan untuk tahun ajaran baru SMK Ma’arif 1 Sumedang membuka kesempatan kepada calon peserta didik baru untuk sebanyak 4 rombongan belajar.

“Untuk tahun ajaran baru sekarang kami memberikan kesempatan kepada calon peserta didik lulusan SMP sederajat untuk melanjutkan sekolah di SMK Ma’arif 1 Sumedang. Setiap rombol untuk 36 siswa jadi total daya tampung sekolah kami untuk 144 orang siswa,” kata H Dedi kemarin (8/6/2020).

H Dedi menjelaskan untuk jadwal PPDB SMK 1 Ma’arif Sumedang dilaksanakan sesuai anjuran pemerintah karena masih situasi pandemi Covid-19 yakni dengan menerapkan sistem PPDB daring atau online.

“Sesuai anjuran pemerintah dibuka PPDB Online melalui situs resmi sekolah kami. Calon peserta didik baru tinggal mengunduh form dan mengisinya kemudian diunggah kembali beserta syarat-syarat pelengkap lainnya yang dibutuhkan,” jelas H Dedi.

SMK swasta pertama di Kabupaten Sumedang yang sudah berdiri sejak 1976 ini, lanjut H Dedi hingga saat ini memiliki empat program keahlian di antaranya Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Permesinan, Teknik dan Bisnis Speda Motor dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Keempat program keahlian tersebut sudah terakreditasi A.

“Alhamdulilah sampai saat ini respon dari masyarakat dari hasil pendidikan di SMK Ma’arif 1 Sumedang sangat memuaskan. Banyak yang setelah lulus sekolah disini mayoritas diserap dunia industri. Menurut penilaian masyarakat jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 1 Ma’arif Sumedang memiliki keunggulan dibandingkan SMK lainnya,” tandasnya.

Terlebih SMK 1 Ma’arif Sumedang juga satu-satunya SMK di Sumedang yang menerima bantuan alat-alat praktik teknik instalasi tenaga listrik dari Negara Austria. “Cukup mumpuni fasiltias yang kami miliki untuk program keahlian teknik permesinan pun kami sudah memiliki mesin bubut CNC. Jadi siswa diperkenalkan langsung dengan mesin bubut tekini yang terhubung dengan komputer sehingga alat yang dihasilkan memiliki kualitas dan presisi tinggi,” terangnya lagi.

Kelebihan PPDB di SMK Ma’arif 1 Sumedang calon peserta didik dibebaskan dari biaya pendaftaran. “Tidak ada biaya pendaftaran sepeserpun jadi segera mendaftar untuk menjadi calon peserta didik di SMK 1 Ma’arif Sumedang,” serunya.(*/rik)