Dikenal SMK Swasta Pertama, Mayoritas Lulusannya Diserap Dunia Industri Jabotabek

oleh -
Illustrasi: Salah satu fasilitas dari program keahlian Teknik Sepeda Motor yang dimiliki SMK Ma'arif 1 Sumedang (foto istimewa)

RADARSUMEDANG.ID–Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif 1 Sumedanrg adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan swasta di kabupaten Sumedang yang didirikan pada tahun 1976. SMK yang dulunya bernama STM Ma’arif didirikan oleh para guru-guru STM Negeri Sumedang ( sekarang SMKN 1 Sumedang), salah satu pendirinya adalah Amar Somantri.

“Dikarenakan pada era tahun 1970 animo untuk melanjutkan ke STM sangatlah banyak sedangkan daya tampung kelas sangatlah minim, sehingga para guru – guru STM Negeri pada waktu itu membuka sekolah STM swasta yang diberi nama STM Ma’arif 1 Sumedang,” ujar H Dedi Rohaedi salah seorang guru senior di SMK Ma’arif 1 Sumedang.

H Dedi menuturkan pada awal mula berdiri SMK Ma’arif 1 SUmedang membuka 3 jurusan yaitu Teknik Instalasi Listrik, Teknik Mesin dan Teknik Bangunan. Namun dikarenakan animo masuk ke jurusan teknik bangunan sangatlah sedikit sehingga jurusan ini ditiadakan.

“Sampai Tahun 2004 SMK Ma’arif 1 Sumedang membuka kembali jurusan baru yaitu Teknik Sepeda Motor dan Teknik Rekayasa Perangkat Lunak. SMK Ma’arif 1 Sumedang untuk program keahlian Teknik instalas Tenaga Listrik pada Tahun 2001 merupakan salah satu dari 54 SMK Swasta se-Indonesia yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Austria,” ungkapnya.

Bantuan tersebut lanjut H Dedi adalah hasil seleksi dan survei Pemeritah Indonesia lulusan SMK Ma’arif 1 Sumedang hampir dominan lulusanya bekerja di perusahaan – perusahaan di kawasan Jabotabek.

SMK Ma’arif 1 Sumedang yang sekarang dipimpin oleh Kepala Sekolah Yusuf Shaeful Rohman, terus berkembang dengan membuka 4 program keahlian yaitu : 1. Teknik Instalasi Tenaga Listrik, 2. Teknik Pemesinan, 3. Teknik Sepeda Motor dan 4. Teknik Rekayasa Perangkat Lunak.

“SMK Ma’arif 1 Sumedang terus mempersiapkan peserta didiknya dengan kemampuan kompetensi yang dipilihnya salah satunya pada tahun 2009 SMK Ma’arif 1 Sumedang menjuarai Lomba Keterampilan Siswa Tingkat Jawa Barat untuk mata lomba Instalasi Listrik. Berikutnya pada tahun 2014 SMK Ma’arif 1 Sumedang diberi kepercayaan untuk berlomba di tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan di Sukabumi,” bebernya.

SMK Ma’arif 1 Sumedang terus berusaha melengkapi peralatan prakteknya dengan peralatan yang modern seusi dengan tuntutan Industri seperti, PLC, CNC, dll. “Pada tahun pelajaran 2014 – 2015 SMK Ma’arif 1 Sumedang berusaha untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yaitu SMK Ma’arif 1 Sumedang membuka kampus 2 yaitu di daerah Sukamantri kecamatan Tanjungkerta,” pungkas H Dedi.

Bagi para siswa lulusan SMP sederajat, untuk tahun ajaran baru 2020 sekarang ini karena masih ditengah suasana pandemi Covid-19, SMK Ma’arif 1 Sumedang membuka PPDB daring atau online melalui situs resmi PPDB SMK Ma’arif 1 Sumedang. Berikut link PPDB yang bisa diakses. (*/rik)