Gelar Reses ke Majalengka, Dewan Jabar Berikan Edukasi Politik tentang Reses

oleh -
Anggota legislatif F-PKS DPRD Jawa Barat memberikan cenderamata beruma paket masker, buku dan majalah kepada Fraksi PKS DPRD Kabupaten Majalengka

RADARSUMEDANG.ID–Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat asal Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) H Ridwan Solichin kembali melaksanakan agenda resesnya dengan kunjungan kerja ke Fraksi PKS DPRD Kabupaten Majalengka, Senin (6/7/2020).

Di hadapan seluruh anggota Fraksi PKS DPRD Kabupaten Majalengka, pria murah senyum yang karib disapa Kang RinSo ini menyampaikan bahwa dalam UU Nomor 17 Tahun 2014 pada pasal 324, disebutkan kewajiban anggota DPRD provinsi antara lain: pertama, menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala.

“Kedua, menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat. Ketiga, memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihannya,” sebut RinSo.

Lebih lanjut aleg muda Komisi 1 DPRD Jabar ini menyebutkan penjelasan dalam pasal 324 huruf (i) bahwa yang dimaksud dengan ‘kunjungan kerja secara berkala’ adalah kewajiban anggota DPRD provinsi untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses. Hasil pertemuannya dengan konstituen dilaporkan secara tertulis kepada partai politik melalui fraksinya di DPRD provinsi.

Penjelasan pasal 324 huruf (k) berbunyi: Pemberian pertanggungjawaban secara moral dan politis disampaikan pada setiap masa reses kepada pemilih di daerah pemilihannya.

Sedangkan dari Tata Tertib DPRD disebutkan dalam Bab Ketentuan Umum, reses adalah masa DPRD melakukan kegiatan di luar masa sidang yang dipergunakan oleh anggota DPRD secara perseorangan atau kelompok untuk mengunjungi daerah pemilihannya guna menyerap aspirasi rakyat.

“Untuk itu agenda reses yang dilaksanakan tiga kali dalam setahun dengan siklus 4 bulanan yang jadwalnya diatur oleh Badan Musyawarah (Bamus) dan ditetapkan oleh pimpinan DPRD, hendaknya betul-betul kita jadikan ajang silaturrahmi dan reses adalah momen yang berharga untuk bertemu konstituen, sebuah waktu khusus untuk memberikan perhatian dan kepedulian secara langsung kepada konstituen,” papar RinSo.