Masyarakat Kaki Gunung Ciremai Dambakan Sarana Keagamaan

oleh -
Kang Rinso bersama kades Argalingga dan Argamukti dan sejumlah tokoh penting desa lainnya

RADARSUMEDANG.ID–Memasuki minggu ke-2 dalam kunjungan reses masa sidang ke-3 tahun 2020, bagi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS). H. Ridwan Solichin tentu sangat melelahkan. Apalagi daerah yang dikunjungi berjarak hampir 40 KM dari pusat Kota, melalui jalan terjal yang melingkar di kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Argamukti dan Desa Argalingga Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Selasa, (7/7/2020).

Di hadapan kepala Desa Argalingga Jajang Permana dan Kepala Desa Argamukti Ade Umbara, serta perwakilan kelompok tani dari dua desa tersebut, serta beberapa perwakilan tokoh muda PKS, pria yang familiar dipanggil ustadz Rinso ini tetap sumringah dengan wajah ceria ketika menerima aspirasi yang disampaikan konstituen dari dua desa tersebut.

Di antaranya adalah keinginan agar desa mereka bisa mendapatkan bantuan tempat pendidikan kelompok bermain (Kober), bantuan sarana keagamaan yang memadai, bantuan bagi kelompok tani berupa peternakan, serta bantuan pembuatan sertifikat hak milik/kepemilikan tanah berbiaya murah, serta penjualan hasil pertanian khususnya palawija.

Seperti biasa dengan senyum khasnya, anggota DPRD Jabar yang duduk di komisi 1 DPRD Jabar F-PKS ini, menjelaskan bahwa masa reses adalah merupakan masa penting yang sejatinya secara fungsional sebagai media untuk menjaring aspirasi masyarakat dan pada reses tersebut masyarakat bisa mengemukakan sejumlah aspirasi di antaranya seperti tersebut.

Mendengar penyampaian aspirasi masyarakat, Rinso yang diusung dari daerah pemilihan (dapil) XI, Kabupaten Majalengka, Sumedang dan Subang pada pilihan legislatif (pileg) 2018 lalu, mengungkapkan bahwa apa yang menjadi aspirasi masyarakat Desa Argamukti dan Desa Argalingga Kecamatan Argapura akan diteruskan kepada Pimpinan Dewan dan selanjutkan di rekomendasikan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka maupun pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD Jabar di setiap tiga bulan untuk turun ke Dapil bertemu konstituen guna menjaring informasi. Oleh sebab itu apa yang menjadi aspirasi masyarakat sudah menjadi tugas kami untuk mengawal ke Pemerintah Daerah,” ungkap Rinso yang juga ketua DPW PKS Jabar bidang seni dan budaya ini.

Rinso menambahkan, sebenarnya masyarakat juga sudah memiliki wadah untuk menyampaikan aspirasi melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang).

“Kami siap mengawal usulan yang disampaikan masyarakat kepadanya melalui Musrembang. Saya akan kawal Musrembang dua desa tersebut dari mulai Kecamatan hingga Kabupaten untuk mengawal seluruh aspirasi yang ada. Kita juga akan prioritaskan kegiatan yang ada di setiap desa, sehingga masyarakat dapat merasakannya,” janji Rinso.

Sementara itu, Kepala Desa Argalingga Jajang Permana dan Kepala Desa Argamukti Ade Umbara, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan reses anggota DPRD Jabar F-PKS yang telah bisa hadir.

“Semoga dengan kunjungan ini fasilitas umum yang keadaannya memprihatinkan utamanya infrastruktur jalan dan usulan bantuan masyarakat kami betul-betul didengar sehingga butuh perhatian serius dari pemerintah,” tandasnya. (*/rik)