Tiga Pasien Positif Covid-19 Asal Sumedang Selatan Sembuh Dengan Cepat

oleh -
Tiga pasien positif asal Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan saat dilepas oleh tim dari RSUD dan unsur Kelurahan dan Kecamatan di sekitar Jalan Cut Nyak Dien, Rabu (22/7).

Sumedang – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang mengkonfirmasi tiga orang pasien positif yang diisolasi di RSUD Sumedang dinyatakan sembuh.

Ketiga pasien ini pun disebut merupakan pasien dengan tingkat kesembuhan yang cukup singkat.

Itu setelah beredarnya sebuah foto dari humas RSUD yang menunjukkan tiga orang warga Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan yang merupakan pasien nomor 14,15, dan 16 dilepas oleh pihak Rumah Sakit pada Rabu sore (22/7).

Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri membenarkan akan hal itu.

Menurutnya pasien baru saja dilepas sekira jam 18.00 wib untuk kemudian kembali ke rumahnya di sekitar Jalan Cut Nyak Dien.

Ketiga pasien itu yakni, laki-laki berinisial MA (20), perempuan berinisial YS (59) dan laki-laki berinisial MAM (22).

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil swab test Yang sempat dilakukan ke tiga pasien selama dua kali tes tersebut hasilnya negatif, dan mereka sudah diperbolehkan pulang. Sehingga saat ini tinggal satu pasien lagi asal Kecamatan Cimalaka yang masih dalam perawatan RSUD Sumedang,” kata Iwa dikonfirmasi via sambungan WhatsApp, Rabu (22/7).

Kendati disebutkan Iwa, khusus untuk pasien ke 14 berada dalam perawatan RSUD selama 13 hari. Sementara pasien ke 15 dan 16 yang merupakan pengembangan dari pasien nomor 14, mendapatkan perawatan selama selama 8 hari.

Mesk demikian pihaknya mengimbau agar masyarakat semakin waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan, sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker ketika berada di tempat umum dan berinteraksi dengan orang, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 ini.

Sementara Bupati Sumedang H. Dony Ahmad menuturkan, ketiga pasien yang sudah dinyatakan sembuh itu diantaranya laki-laki nomor 14 berusia 20 tahun asal Sumedang Selatan terpapar Covid-19 di luar Sumedang masuk karantina RSUD pada 8 Juli 2020.

Dinas Kesehatan pun langsung melakukan tracing pasien 14. Setidaknya ada 2 orang yang kontak erat terpapar Covid-19, namun tidak bergejala.

Dua orang pasien itu adalah pasien 15 perempuan berusia 59 tahun dan pasien 16 laki-laki berusia 22 tahun. Keduanya masuk isolasi RSUD pada 14 Juli 2020.

Pelepasan ketiga pasien dilakukan oleh tim dari RSUD dan diterima Kepala Puskesmas Sumedang Selatan, Lurah Regol Wetan, Babinsa, Bhabinkabtibmas Regol Wetan dan perangkat Kecamatan Sumedang Selatan.

“Setelah menjalani treatment di RSUD pasien 14,15 dan 16 sembuh, serta bisa pulang dan berkumpul lagi dengan keluarga besarnya,” tulis Bupati dalam laman Instagram miliknya, Rabu (22/7).

Lebih lanjut sambung Bupati, saat ini pemerintah sedang sibuk melakukan 3 T, testing (pengujian), tracing (penelusuran) dan treatment (pengobatan) secara massif untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Total terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 17 orang dan sembuh 16 orang. Satu orang pasien 17 masuk karantina RSUD pada Selasa kemarin. Saat ini juga Dinkes sedang melakukan tracing pasien nomor 17,” jelas Bupati. (jim)