Berkah Ikut Program JKN-KIS, Sari Bisa Jalani Hidup Dengan Tenang

oleh -

Radarsumedang.id – Menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesi Sehat menjadi keberkahan tersendiri bagi masyarakat. Begitu juga yang dirasakan oleh Sari (57), warga Dusun Sabeulit Desa Jemah Kec. Jatigede Kabupaten Sumedang.

Sebagai salah satu peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI APBN), dirinya mengaku telah merasakan manfaat yang dihadirkan oleh program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Sekarang sudah tidak dibeda-bedakan mana Penerima Bantuan Iuran (PBI APBN) pelayanan sangat baik, di rumah sakit atau di BPJS Kesehatan selaku penyelenggara jaminan kesehatan.

Saat ditemui di sela-sela waktunya, ia menceritakan kala itu ia memanfaatkan kartu kepesertaannya saat mengobati seranagan jantung yang ia alami.

Sebagai salah satu peserta JKN-KIS yang mengakses layanan kesehatan di rumah sakit, ia mengaku pelayanan yang diterimanya sangat baik. Bukan hanya itu, hal yang membuat ia sangat bersyukur adalah ketika dirinya mengetahui tidak adanya biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar pengobatan serangan jantungnya.

“Awalnya tiba-tiba saya terkena serangan jantung, kemudian saya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Sumedang dengan menggunakan kartu JKN-KIS dan ditanggung seluruhnya. Ketika dirawat di RSUD Sumedang, saya dirawat dengan pelayanan yang sangat baik, dan apapun tindakan medis yang saya butuhkan selalu cepat dan segera. Pelayanannya memang sangat baik, luar biasa sekali BPJS Kesehatan dan rumah sakit,” ujarnya.

Sari menambahkan selama dirawat mendapatkan pelayanan pengobatan dengan memanfaatkan kartu JKN-KIS miliknya. Sari mengaku sangat puas dan senang dapat memanfaatkan Program JKN-KIS agar dapat berobat dengan nyaman tanpa adanya kendala walaupun peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI APBN).

“Bersyukur sekali rasanya, karena iuran JKN-KIS Sari ditanggung sama pemerintah. Saya juga sudah beberapa kali gunakan kartu JKN-KIS saat saya berobat sebelum di vonis penyakit jantung, sempat juga  saya harus menjalani operasi karena katanya ada darah mati di dalam perutnya. Kehadiran Program JKN-KIS sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, termasuk kami. Sudah banyak masyarakat yang tersenyum lega karena seluruh biaya pengobatannya ditanggung oleh Program JKN-KIS,” ucap sari.

Sari mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah yang telah menyelenggarakan Program JKN-KIS, kepada fasilitas kesehatan serta tenaga kesehatan. kami sekeluarga memiliki kartu JKN-KIS sehingga semua biaya perawatan di rumah sakit sudah di tanggung oleh BPJS Kesehatan. Semoga Program JKN-KIS ini selalu diberikan kemudahan kedepannya. Karena kami sangat terbantu dengan adanya program ini (isl/rls).