Program JKN-KIS Bantu Safitri Jalani Cuci Darah

oleh -

Radarsumedang.id – Penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memberikan harapan kepada seluruh masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus memikirkan biaya yang besar.

Dengan menjadi peserta JKN-KIS, seluruh biaya kesehatan akan dijamin oleh Program JKN-KIS sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Hal inilah yang dirasakan oleh Safitri Yuliawati (37), warga dusun Tenjolaya Desa Sukagalih Kec. Sumedang Selatan Kab. Sumedang salah satu dari jutaan peserta JKN-KIS yang merasakan manfaat dari program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Safitri mengaku sempat menggunakan kartu kepesertaannya saat dirinya mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Sumedang. Dirinya yang telah didiagnosa mengalami gagal ginjal sejak 2016 silam mengharuskan Safitri harus rutin menjalani cuci darah sebanyak dua kali dalam seminggu.

“Saat 2016 lalu, saya pernah memanfaatkan kartu JKN-KIS untuk berobat di rumah sakit. Saat itu, saya merasa shock karena telah didiagnosa mengalami gagal ginjal dan sejak saat itu pula saya diharuskan untuk rutin menjalani cuci darah selama dua minggu sekali. namun, karena saya memanfaatkan kartu JKn-KIS, proses pengobatan cuci darah saya berjalan dengan lancar dan tanpa kendala,” kata Safitri.

Ibu 3 anak itu mengakui bahwa program JKN – KIS membuat dirinya dan seluruh pasien cuci darah mendapatkan harapan dan semangat untuk kembali produktif. Oleh karena itu, Safitri berterima kasih kepada peserta JKN-KIS yang selalu disiplin membayar iuran tiap bulannya, karena iuran dari peserta yang sehat membantu peserta yang sedang sakit dan membutuhkan biaya pelayanan kesehatan seperti dirinya.

“Saya sangat bersyukur, masalahnya darimana uang sebesar itu, tiap 2 kali seminggu harus bayar untunglah ada BPJS Kesehatan dan juga disitulah berperan pemerintah memperhatikan kesehatan masyarakat melalui Program JKN-KIS ini. Bagi orang yang sudah merasakan manfaat dari program ini seperti saya, berharap program ini terus ada. Akses pelayanan dari program ini sangat mudah, saya dilayani sangat baik saat cuci darah,” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa suasana ketika menjalani perawatan cuci darah di rumah sakit juga sangat bersahabat, karena dirinya dilayani dengan sangat ramah oleh seluruh petugas. Hal ini dikarenakan sudah adanya koordinasi yang baik antara BPJS Kesehatan Cabang Sumedang dengan pihak rumah sakit.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah yang terus berupaya untuk menjalankan Program JKN-KIS serta kepada peserta JKN-KIS yang sehat. Dari iuran yang anda bayarkan, kami pasien hemodialisa dapat terbantu,” tutupnya. (Isl/rls).