Sumedang Zero Kasus, Dua Orang Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Sembuh

oleh -

SUMEDANG – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Sumedang menyampaikan bahwa per hari ini 1 Agustus 2020 kasus positif Covid-19 di Sumedang sudah zero kasus.

Pasalnya dua pasien positif Covid-19 yang sempat diisolasi di RSUD Sumedang kini telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Sumedang Dr. Iwa Kuswaeri mengatakan, kedua pasien tersebut adalah IL (47) pasien nomor 20 asal dusun Sukahurip RT 02/RW 03 Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh, dan DIA (21) pasien nomor 21 asal Dusun Campaka RT 03/RW 04 Desa Sunda Mekar kecamatan Cisitu.

Kata Iwa, khusus untuk DIA, rencananya akan dijemput oleh Tim Satgas Covid Desa Sunda Mekar. Sedangkan untuk IL akan diantar oleh tim RSUD Sumedang ke kediamannya.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur karena 2 orang pasien ke 20 dan ke 21 telah selesai menjalani isolasi di RSUD,” kata Iwa kepada Radar Sumedang, Sabtu (1/8/2020).

Dengan demikian untuk pertama kalinya sejak kasus pertama muncul, saat ini Sumedang dalam posisi zero patient.

Sebab dari total 21 Pasien terkonfirmasi, 20 orang telah selesai menjalani isolasi dan kembali sehat. Namun seperti diketahui 1 orang dilaporkan meninggal dunia.

Meski demikian dirinya tetap menghimbau, agar masyarakat masih harus waspada dari bahaya Covid. Terlebih kasus positif di Sumedang relatif dinamis atau naik turun.

“Tentunya dengan kasus-kasus terakhir yang tiba-tiba naik, masyarakat jangan sampai euphoria berlebihan. Akan tetapi semoga ini menjadi pertanda baik. Agar kita bisa segera masuk zona hijau, dan kehidupan bisa segera normal kembali,” ujarnya.

Adapun berdasarkan update sebaran perkembangan Covid-19 Kabupaten Sumedang per hari Jum’at kemarin, masih ada suspek sebanyak 3 orang, kontak erat 125 orang, dan pelaku perjalanan sebanyak 471 orang. (jim)

oleh