Uang Receh Berjatuhan, Pencuri Kotak Amal Masjid Annur Ditangkap

oleh -
Pelaku Pencurian Kotak Amal Masjid Annur saat berada di Polsek Sumedang Selatan

KOTA – Nasib sial dialami pemuda pengangguran berinisial RN (20) warga Cikamuning Desa Mekarrahayu Kecamatan Sumedang Selatan diringkus warga saat ketahuan mencuri kotak amal Masjid Annur di Ciguling Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan, Minggu (2/8/2020) malam.

Beruntung RN selamat dari amukan warga yang marah, karena lebih dulu dievakuasi oleh tokoh masyarakat setempat.

Ketua RW setempat, Tina Rita mengatakan, RN ditangkap warga usai melakukan aksinya mencuri kotak amal yang diketahui warga setempat.

“Awalnya warga lihat dia lagi tidur-tiduran di dalam masjid, terus ngintip-ngintip keluar gitu, warga jadi curiga. Pas dia (pelaku) manjat pagar masjid banyak uang logam jatuh, dari situ warga langsung yang sudah curiga langsung menangkap pelaku,” kata Tina, di Mapolsek Sumedang Selatan, ” Senin (3/8/2020).

Warga yang kesal sempat akan menghikimi pelaku ditempat kejadian. Beruntung pelaku segera diamankan ke rumah Ketua RW untuk menghindari pelaku dari amukan massa.

“Itu gembok kotak amalnya juga sudah rusak dibongkar sama dia (pelaku) pakai obeng,” ujarnya lagi.

Sialnya lagi, kotak amal yang dibongkar RN dalam keadaan kosong, sebab sudah diambil oleh bendahara masjid sehari sebelumnya.

“Kejadiannya sekitar 21.30, makannya ini maling nekat, karena jam segitu masih banyak warga yang begadang,” ujarnya.

Tokoh masyarakat akhirnya menyerahkan pelaku ke Polsek Sumedang Selatan, guna mencegah amuk massa. Selain pelaku, pihak kepolisian juga mengamankan barang bukti kotak amal, sepeda motor, dan obeng yang dipakai pelaku.

Kasus pencurian ini kini dalam penanganan Unit Reskrim Polsek Sumedang Selatan. (gun)