Dorong Pengembangan Agrowisata Desa untuk Mengurangi Angka Pengangguran

oleh -
Aleg PKS DPRD Provinsi Jawa Barat H Ridwan Solichin (kiri) memberikan cenderamata berupa buku dan majalah kepada para penggiat agrowisata Cipulus

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Jawa Barat ini, mendorong koperasi ataupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk dapat mengembangkan potensi wisata yang ada di masing-masing desanya.

”Banyak obyek wisata desa yang berpotensi untuk dikembangkan,” tegasnya.

Di Kabupaten Majalengka lanjut RinSo, setidaknya ada beberapa lokasi perintisan pengembangan potensi wisata desa yang diupayakan menjadi destinasi baru bagi para pelancong, yakni meliputi potensi wisata alam, seperti keindahan puncak bukit, kawasan hutan, lereng gunung dan air terjun dengan dana bantuan provinsi.

Usaha perintisannya dilakukan oleh para tokoh warga desa bersama pamonng desa, serta melibatkan pula para tokoh pemuda dari Karang Taruna. “Bahkan ada yang melibatkan para mahasiswa KKN, untuk diminta bantuannya membuat grand design rencana pengambangannya,” ungkapnya.

Dalam pengembangan potensi wisata desa ini, sambung Rinso, ada yang kemudian langsung menjadi populer dalam mengundang kedatangan para pelancong, namun juga ada yang perlu kesabaran dalam pengembangan.

Menurut Rinso, pengembangan potensi wisata desa sebenarnya tidak memerlukan dukungan pembiyaan dana yang besar, asal mendapatkan dukungan swadaya dari semua masyarakat desa.

Masyarakat pedesaan biasanya rela bergotong-royong bekerja bakti membuat infrastruktur menuju ke objek wisata yang mereka kembangkan, meski dukungan dana stimulan dari desa tidak besar, meskipun dukungan dana stimulan yang sangat minim.