Hidup Itu Seperti Sebuah Perjalanan, Harus Memiliki Tujuan yang Jelas dan Bersiap dengan Berbagai Kejutan

oleh -
Kang Haru bersama istri dan kelima orang putra-putrinya

RADARSUMEDANG.ID--Bagi Haru Suandharu atau biasa disapa Kang Haru, Filosofi hidup bahagia itu sangat sederhana, bagaimana diri kita bermanfaat bagi banyak orang. Karena sebagaimana Sabda Rasulullah Muhammad SAW, manusia terbaik itu adalah manusia yang paling bermanfaat untuk manusia lain. Kebahagiaan kita yang hakiki adalah disaat kita mampu membahagiakan saudara kita yang tengah mendapat kesulitan ditengah-tengah keterbatasan yang juga kita miliki.

Begitu pula dalam kehidupannya sebagai seorang politikus, bagi Kang Haru, amanah sebagai politisi adalah sebuah tugas perjalanan. Tugas untuk memperjuangkan sebuah misi, membahagiakan warga Jawa Barat.

Bagi masyarakat Jawa Barat terutama warga Kota Bandung dan Kota Cimahi, sosok Kang Haru bukanlah orang yang asing. Sejak tahun 2009 sd 2019 kang Haru mendapatkan amanah sebagai anggota DPRD Kota Bandung.

Sosok pria tegap kelahiran Tasikmalaya 29 Juni 1975, yang memiliki nama lengkap Haru Suandharu, S.Si, M.Si, nama yang dekat untuk keluarga besar DPRD dan birokrasi Kota Bandung selama 10 tahun.

Kendati dilahirkan di Kabupaten Tasikmalaya, 45 tahun silam, pria jebolan Magister Sains – Biologi Institut Teknologi Bandung (ITB) th 2001 ini lebih banyak menghabiskan waktunya di ibu kota provinsi Jawa Barat, Kota Bandung sejak SD sampai Kuliah di ITB.

Kang Haru Malang melintang di dunia politik sebagai sosok pemimpin yang kritis, tegas dan santun dalam setiap pernyataannya, baik di media ataupun dalam pertemuan-pertemuan antara DPRD dan SKPD. Dalam banyak kesempatan Kang Haru sering menyampaikan agar masyarakat selalu mendoakan beliau untuk selalu amanah dan istiqomah.

Kang haru saat ini mendapat amanah sebagai Ketua Umum DPW PKS Jawa Barat periode 2019-2020 ini, melanjutkan kepemimpinan Ustadz Ahmad Syaikhu yang saat ini mendapat amanah sebagai Ketua Wilda Banjabar DPP PKS sekaligus Anggota DPR RI dapil Kabupaten Purwakarta, Kabuapten Karawang dan Kabupaten Bekasi.