Kang RinSo Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

oleh -
Kang RinSo (berdiri kiri) saat menyampaikan materi sosialisasi empat pilar dengan dimoderatori Apiatno (berdiri kanan)

RADARSUMEDANG.ID--Membangun Indonesia maju memerlukan komitmen kebangsaan yang kuat, sejarah perjalanan bangsa dan negara ini menjadi bukti bahwa Pancasila, NKRI merupakan hasil dari suatu kesepakatan untuk mencapai tujuan berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PKS H. Ridwan Solichin,  S.IP, M.Si, saat menyampaikan materi sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan di TKIT Sholahuddin Al Ayyubi Jalan Cut Nyak Dhien 49 Sumedang, Selasa (25/8/2020).

Lebih lanjut Anggota Komisi 1 (bidang pemerintahan) DPRD Jabat yang akrab disapa Kang RinSo ini mengatakan, bahwa saat ini Indonesia sedang dihadapkan pada berbagai tantangan bangsa, yakni masalah kemiskinan, stanting, radikalisme, terorisme, intoleransi, anti NKRI dan anti Pancasila.

“Untuk itu, permasalahan tersebut harus dapat diatasi melalui toleransi kerukunan yang tidak hanya damai, tetapi juga saling membantu,” tandasnya di hadapan puluhan peserta yang mayoritas para ibu milenial.

Menurutnya, Indonesia memiliki fondasi yang dikenal dengan istilah Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Empat pilar tersebut telah menjadi sejarah perjalanan bangsa Indonesia dan menjadi komitmen kebangsaan yang harus terus ditingkatkan,” imbuhnya.

Yang harus dibangun oleh seluruh entitas bangsa ini adalah toleransi kerukunan, keinginan untuk selalu rukun dan juga memiliki kemampuan untuk merukunkan.

“Toleransi kerukunan adalah bukan hanya berdampingan secara damai tetapi juga saling menolong, saling membantu, dan saling mendukung,” tegas Sekretaris Fraksi PKS DPRD Jabar ini.