Kilau Indonesia Konsisten Bagikan Makanan bagi Warga Terdampak Pandemi

oleh -
Salah seorang relawan Kilau Sumedang tengah membagikan paket makanan gratis bagi para pekerja harian di sekitar Alun-Alun Sumedang, Ju'mat (25/9/2020) lalu.

RADARSUMEDANG.ID—Lembaga kemanusiaan Kilau Sumedang kembali menyalurkan 225 paket makanan kepada para pekerja harian yang berada di beberapa titik di Kota Sumedang, Jumat (25/9/2020).

Kepala Cabang Kilau Sumedang Nasrul mengatakan untuk pembagian paket makanan atau FFC untuk para pekerja harian pada minggu ini disebar di wilayah Jalan Prabu Geusan Ulun, Jalan Mayor Abdurahman sampai di sekitar Alun-alun Sumedang.

“Alasannya karena di sekitar wilayah ini masih banyak para pekerja harian atau serabutan yang menjadi perhatian kepedulian kami (Kilau, red), yang hingga saat ini masih merasakan dampak dari pandemi Covid-19 ini,” ujar Nasrul.

Di tempat terpisah Kepala Cabang Kilau Bandung Eka Sulistiya Wardana mengatakan penyaluran FFC Bandung sebanyak 75 paket makanan dibagikan untuk wilayah Gempolsari, Melong Asih, Cijerah dan Melong Raya, Bandung.

Sementara itu Humas Kilau Indonesia Willi Triani alasan disalurkannya lagi paket makanan bagi para pekerja harian ini lantaran hingga saat ini masih banyak masyarakat menengah ke bawah terutama pekerja harian yang terdampak pandemi Covid-19.

“Nyaris 8 bulan pandemi ini ada di sekeliling kita, tak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir, karena tidak hanya kasus Covid-19 saja yang semakin tinggi. Namun, ancaman ekonomi bagi masyarakat menengah ke bawah pun menjadi dampaknya,” ujar Willi.

Menurutnya, banyak masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan, tak terkecuali mereka masyarakat kecil yang hanya mengandalkan pekerjaan serabutan saja. “Mereka jangankan untuk memenuhi keinginan, kebutuhan pokok dan mendasar saja masyarakat berada dalam ambang kekurangan. Lantas banyak dari mereka yang terpaksa menahan lapar ataupun menunda jam makan karena tuntutan dari pekerjaan,” terangnya lagi.

Untuk itu, Kilau Indonesia, lanjut Wili dengan konsisten selalu menggelar aksi berbagi makanan dalam setiap minggunya dengan penerima manfaat antara lain pekerja harian, dhuafa dan tim medis yang bertugas di bagian isolasi Covid-19.

Pada September ini, Kilau telah menyalurkan sebanyak 1.816 paket makanan di hari Jum’at untuk penerima manfaat yang tersebar di 4 kabupaten yakni Indramayu, Sumedang, Bandung dan Majalengka.

“Semoga dengan adanya program pembagian makanan ini, banyak masyarakat yang terbantu dan mengurangi sedikit beban harian mereka, karena dengan cara sederhana terbentuk hal yang luar biasa manfaatnya,” pungkas Willi.(*/rik)