Fraksi PKS DPRD Jabar Ingatkan Komitmen Pemprov Jabar dalam Tata Kelola Sampah

oleh -
Perwakilan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Komisi I H Ridwan Solichin (kiri) menyampaikan pandangannya dalam FGD tentang tata kelola sampah

RADARSUMEDANG.ID–Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar Forum Group Disscussion (FGD) dengan tema Good Govermance dalam Penerapan Tata Kelola Sampah di Kota Bandung, acara FGD ini berlangsung di Ruang Fraksi PKS, Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Kamis (1/10/2020).

Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Barat, Haru Suandharu mengatakan FGD kali ini bertujuan untuk mendapatkan masukan mengenai Tata kelola Sampah dengan mengundang beberapa narasumber dari berbagai latar belakang. Haru berharap kedepannya lahir rekomendasi-rekomendasi dari Komisi IV dan akan ditindaklanjuti bersama pihak-pihak terkait.

“Dalam FGD Kali ini kita ingin mendapatkan masukan karena ini juga terkait dengan Kota dan Kabupaten di Jawa Barat mengenai pengelolaan sampah, kebetulan pada kesempatan kali ini kita membahas tata kelola sampah di Kota Bandung,” jelas Haru usai FGD di Ruang F-PKS DPRD Jabar.

Sejumlah narasumber turut dihadirkan yang berasal dari kalangan Pemerintahan, Swasta, LSM, serta perwakilan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Komisi I yang diwakili H Ridwan Solichin dan Komisi IV diwakili oleh Mochamad Ichsan.

“Mudah-mudahan ada rekomendasi-rekomendasi dari Komisi IV dan akan ditindaklanjuti bersama pihak terkait,” ucap Haru.

Haru mengungkapkan Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang mempunyai komitmen terhadap tata kelola sampah, hal ini ditandai dengan adanya TPPAS yang bersifat regional.

Untuk itu Haru berharap agar penyelesaian permasalahan sampah harus adanya cara pandang yang integral terhadap beberapa aspek, diantaranya aspek regulasi, aspek institusi, aspek anggaran, teknik operasional dan partisipasi masyarakat dan pada akhirnya kembali lagi kepada komitmen pemimpin.

“Kita akan mendorong kepada Pemerintah Provinsi khususnya kepada Gubernur harus punya komitmen lebih kuat lagi dan harus ditambah dengan komitmen para Bupati/Walikota di Jawa Barat dalam tata kelola sampah,” pungkas Haru. (*/rik)