Menginspirasi, Canangkan ‘Beas Perelek’ Sambil Sosialisasikan 3M

oleh -
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H Ridwan Solichin (kiri) menginisiasi program Beas Perelek di lingkungan kediamannya sambil menggalakan sosialisasi 3 M.

RADARSUMEDANG.ID–Meskipun saat ini berbagai program sosial sudah bergulir dari pemerintah kepada masyarakat sebagai bagian jaring pengaman sosial karena dampak pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan untuk kegiatan berbagi dari elemen masyarakat sendiri.

Seperti yang dilakukan oleh elemen masyarakat di Perumahan Puri Jatinangor yang dipelopori Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H Ridwan Solichin bersama warga Perum Puri Jatinangor lainnya dalam menggalang aksis sosial untuk ikut meringankan beban warga yang terdampak pandemi.

Menurut anggota legislatif dari F-PKS DPRD Jawa Barat ini, adanya pandemi Covid-19 sebagai ancaman krisis kesehatan tidak saja berdampak kepada lesunya ekonomi juga bisa mengarah ke dampak sosial lainnya yang semakin kompleks.

Sejak awal munculnya pandemi Covid-19, H Ridwan Solichin bersama elemen masyarakat lainnya menggagas program kepedulian sosial bernama ‘Beas Perelek’. Dalam program ini warga perumahan setiap hari Jumat, menyimpan satu kantong beras ataupun bahan makanan lainnya yang diperuntukan bagi warga yang membutuhkan.

Setiap hari jumat itu, ada petugas yang memungut, kantong-kantong beras itu setelah terkumpul nanti dibagikan kepada warga kurang mampu di sekitar lingkungan Perumahan Puri Jatinangor. “Alhamdulillah masih terus berjalan, meskipun di masa pandemi Covid ini semua orang terdampak namun tidak lantas menghilangkan kepedulian sosial dengan sesama. Semoga program Beas Perelek ini bisa meringankan beban akibat pandemi ini,” ujar H Ridwan Solichin.

Selain ikut membantu meringankan kebutuhan warga kurang mampu, melalui kantong Beas Perelek itu, juga turut serta menyerukan pentingnya menjalankan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun) sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Dalam setiap kantong Beas Perelek disertakan brosur anjuran 3M sebagai upaya saling mengingatkan,” imbuhnya.(*/rik)