Ponpes Al Hikamussalafiyyah Sejak AKB Istiqomah Terapkan Prokes

oleh -
Penerapan prokes di Ponpes Al Hikamussalafiyah Sumedang, setiap santri yang masuk dicek suhu tubuh

RADARSUMEDANG.ID–Sejak menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB/new normal) di lingkungan pondok pesantren Al Hikamussalafiyyah dari Juni 2020 lalu hingga sejauh ini terus berjalan dengan tetap menerapkan prosedur ketat protokol kesehatan.

Ketua Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyyah, KH. Sa’dulloh mengatakan pondok pesantren Al Hikamussalafiyyah dalam melaksanakan setiap kegiatan di pondok pesantren sejak keluarnya edaran pemerintah untuk memasuki new normal, sampai sekarang terus beraktifitas sesuai edaran tersebut.

“Bagi pondok pesantren memasuki new normal sejak 8 Juni 2020 lalu sehingga pondok pesantren Al-Hikamussalafiyyah sudah bisa kembali beraktifitas dengan prosedur protokol kesehatan yang ketat,” tuturnya.

Sesuai surat edaran dari pemerintah setempat, pesantren juga sudah membentuk gugus tugas penanganan dan penanggulangan covid-19.

“Tentunya, sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Semisal terlebih dahulu koordinasi dengan pemerintah setempat, menyediakan hand sanitizer, tempat cuci tangan di beberapa tempat, ruangan isolasi, jaga jarak, pakai masker dan lain-lain,” ujarnya.

Dalam penerapannya, pondok pesantren juga terlebih dahulu mendata dengan memetakan asal santri. “Dari awal kami telah memetakan dahulu santri mana-mana saja yang berasal dari zona merah. Untuk itu kita dahulukan santri yang bukan berasal dari zona merah, terutama bagi santri yang berasal dari Sumedang sendiri,” urainya.

Sementara, bagi santri yang berasal dari zona merah, mengikuti prosedur yang disarankan pemerintah daerah Sumedang, seperti harus membawa surat hasil tes covid sebelumnya, dan menjalani isolasi mandiri di pesantren tujuan. Untuk santri yang bukan dari zona merah sudah beraktivitas sejak awal Juli 2020 sementara santri yang berasal dari zona merah masuk pada pertengah Juli 2020.(*/rik)