Dewan Pendidikan Sumedang Akui Belum Miliki Sekretariat

oleh -
Ketua DPKS H Agus Jaenudin (kanan) didampingi Sekretaris DPKS H Timbul Kusdijantono (kiri)

RADARSUMEDANG.ID–Kepengurusan Dewan Pendidikan Kabupaten Sumedang (DPKS) 2019-2024 telah terbentuk semenjak dikeluarkannya Surat Keputusan Bupati Nomor 420/KEP.536-HUK/2019 tentang pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Sumedang masa Jabatan 2019-2024 tanggal 5 Desember 2019 lalu.

Namun menurut kabar yang berkembang hingga saat ini Dewan Pendidikan Kabupaten Sumedang belum bisa melaksanakan tugas, fungsi dan wewenangnya sebagaimana tertuang di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolan dan Penyelenggaraan Pendidikan karena belum difasiltiasi sarana prasarana dari Pemkab Sumedang.

Padahal dalam PP tersebut dinyatakan bahwa Dewan Pendidikan merupakan bukti dari keterlibatan peran serta masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Terkait hal tersebut Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sumedang H Agus Jaenudin S.Si., M.Si tidak membantah terkait belum adanya segala sarana prasarana dan fasilitas yang dibutuhkan untuk menjalan tugas, fungsi dan wewenangnya.

“Iya, hingga saat ini kami belum ada Sekretariat dan sarana prasarana lainnya yang mendukung tugas, fungsi dan wewenang kami,” ujar H Agus Jaenudin didampingi Sekretaris Drs H Timbul Kusdijantono baru-baru ini dalam sebuah kesempatan kepada sejumlah awak media.

Diakui H Agus pihaknya sejak awal kepengurusan Dewan Pendidikan Kabupaten Sumedang terbentuk sudah mengajukan permohonan untuk bisa difasilitasi dalam penyediaan sekretariat, sarana prasarana dan fasilitas lainnya yang mendukung.

“Sudah sejak awal diajukan, namun memang hingga saat ini belum terealisasi juga. Ya kami berprasangka baik, mungkin karena masih dalam situasi covid seperti ini,” tukasnya.

Seperti diketahui dalam PP No 17 tahun 2020 pada Pasal 188 (4) dinyatakan bahwa peran serta masyarakat secara khusus dapat disalurkan melalui dewan pendidikan tingkat nasional, dewan pendidikan tingkat provinsi, dewan pendidikan tingkat kabupaten/kota, komite sekolah, dan atau organ representasi pemangku kepentingan satuan pendidikan.

“Jadi jelas keberadaan dewan pendidikan dari berbagai tingkatan sangat penting sebagai bentuk keterlibatan atau peran serta masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan,” jelas H Agus.

Seperti diberitakan sebelumnya, sesuai Keputusan Bupati Nomor 420/KEP.536-HUK/2019 tentang pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Sumedang masa Jabatan 2019-2024 tanggal 5 Desember 2019 ditetapkan 7 orang anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Sumedang. Mereka adalah H Agus Jaenudin, Asep Sapurokhman, Dadan Rahadian, Erik A Kurnia, Jujun Juhanda, Lina Budiarti dan H Timbul Kusdijantono.(*)