Meriahkan HSN, Pesantren Al Hikamussalafiyyah Agendakan15 Kegiatan

oleh -
Dalam rangkaian peringatan HSN tahun 2020, Pesantren Al Hikamussalafiyyah Sumedang bakal menggelar doa bersama agar pandemi segera berakhir

Gelar Doa Bersama Agar Pandemi Segera Berakhir

RADARSUMEDANG.ID–Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2020, Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat mengagendakan 11 kegiatan. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk kegembiraan sebagai santri dan dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional.

Lima belas kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu pembacaan istighotsah dan shalawat nariyah, cerdas cermat kitab kuning, upacara HSN, lomba kebersihan kamar, musabaqoh qiroatul kutub, cerdas cermat aswaja, musabaqoh hifdzil qur’an, musabaqoh muhafadzoh, lomba merangkai bunga, panjat pinang, musabaqoh al-barjanzi, manaqib Syeikh Abdul Qodir Al-Jaelani, sima’an Al-Qur’an 30 juz, lomba membuat tumpeng, dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Rangkaian kegiatan akan dilaksanakan mulai tanggal 21 Oktober sampai 28 Oktober 2020.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, KH. Sa’dulloh mengatakan bahwa karena dalam situasi pandemi, semua kegiatan akan dilaksanakan di dalam pesantren dan tidak melibatkan orang luar.

“Karena masih berada dalam situasi pandemi covid-19, semua kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2020 sepenuhnya akan dilaksanakan di dalam komplek pondok pesantren dan diikuti oleh seluruh santri Pesantren Al-Hikamussalafiyyah,” ujar KH Sa’dulloh di kediamannya di Sukamantri Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat, Selasa (20/10/20).

Masa pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan berakhirnya, janganlah menjadi penghalang bagi para santri untuk tetap bersemangat dan bergembira dalam memeriahkan HSN tahun ini. “Harapan kami semua kegiatan lebih mengedepankan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Selama ini di Pesantren Al-Hikamussalafiyyah selalu mengedapankan protokol kesehatan dalam semua kegiatan. “Kami menganut faham Aswaja yang ketika ingin mencapai sesuatu hal harus ada usaha dan do’a. Anjuran pemerintah supaya menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak itu sebagai bentuk usaha. Berdoa untuk terhindar dari semua musibah juga selalu kami panjatkan setiap waktu,” paparnya lagi.

KH Sa’dulloh berharap para santri di Pesanten Al-Hikamussalafiyyah bisa membantu menyukseskan tema HSN yaitu “Santri Sehat, Indonesia Kuat”. “Serta semoga semua agenda kegiatan Hari Santri Nasional 2020 ini berjalan dengan lancar, sukses, dan kita semua dijauhkan dari berbagai macam wabah penyakit,” pungkasnya. (*/rik)