Para Pemuda Darmaraja dan Wado Bersinergi dengan Kang RinSo

oleh -
Anggota Komisi 1 DPRD Jabar H Ridwan Solichin saat menghadiri undangan komunitas pemuda Darmaraja dan Wado untuk memberikan pembinaan kewirausahaan dan ekonomi kreatif di RM Nusa Darmaraja, Minggu (26/10/2020)

RADARSUMEDANG.ID–Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PKS H Ridwan Solichin mendorong para pemuda untuk mengabdikan diri bagi kemajuan daerahnya dengan aktif mengembangkan potensi daerahnya melalui bidang enterpreneurship dan ekonomi kreatif.

Demikian disampaikan pria yang karib disapa Kang RinSo di hadapan 15 orang pemuda yang berasal dari Darmaraja dan Wado dalam pertemuan jaring aspirasi di Rumah Makan Nusa Darmaraja, Minggu (25/10/2020).

“Pemuda merupakan tulang punggung bangsa, begitupun bagian tak terpisahkan dalam kemajuan daerahnya, untuk itu bagi para pemuda dari saat ini ayo bangkit dan gali potensi diri dan sumbangkan segala kemampuan untuk kemajuan daerah,” seru Kang RinSo.

Salah satu yang bisa digeluti para pemuda di daerah dengan mengembangkan dunia entrepreneurship di daerah dari potensi unggulan daerahnya masing-masing.

“Bagi para pemuda di Darmaraja dan Wado potensi yang bisa dikembangkan sangat kaya dan beragam, yang terlihat di depan mata saja misalnya adanya Bendungan Jatigede bisa menumbuhkan sektor lainnya, seperti wisata, jasa, kuliner, dan kerajinan, tinggal digali dan dikembangkan,” paparnya.

Karena saat ini, bagi para pemuda tidak usaha khawatir dengan permodalan, lantaran menurut aleg dapil Sumedang Majalengka Subang ini di tingkat provinsi banyak program yang bisa diakses bagi para pemuda.

“Kebetulan, di tingkat provinsi banyak program yang bisa diakses dan dimanfaatkan yang merupakan hasil inisiasi pemprov dan DPRD Jabar. Insya Alloh kami di DPRD Jabar siap memfasilitasi untuk mengaksesnya,” terang Kang RinSo.

Sekretaris FPKS DPRD Jabar ini menyebutkan beberapa program pemberdayaan pemuda di tingkat provinsi seperti program Patriot Desa, Pemuda Mandiri Membangun Desa, dll. “Sebagian besar program pemberdayaan bagi pemuda berbasis pengembangan enterpreneurship, ekonomi kreatif dan produktif pemuda,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang pemuda asal Darmaraja, mengucapkan terimakasih atas kesediaan Kang RinSo memenuhi undangan para pemuda di Darmaraja dan Wado. “Kami menyampaikan terimakasih atas kesediaan Pak Ridwan selaku dewan di provinsi yang mau memenuhi undangan untuk memberikan pencerahan kepada kami yang berkeinginan mendapatkan bimbingan dalam mengembangkan kegiatan kewirausahaan dan ekonomi kreatif disini,” katanya.(rik)