Lejitkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi dengan Pelatihan Hipnoterapi

oleh -
Pelatihan hipnoterapi di SMAIT Insan Sejahtera Toga Sumedang dilaksanakan sesuai prokes.

RADARSUMEDANG.ID–Saat ini di Kabupaten Sumedang masih menunggu waktu pelaksanaan belajar tatap muka, meskipun dari kabar yang beredar diperkirakan sekitar Januari 2021. Untuk menyongsong masa belajar tatap muka agar para pelajar bisa meraih nilai terbaik dibutuhkan kegigihan, motivasi yang kuat serta disiplin untuk dapat meraih prestasi tersebut.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, banyak para pelajar yang merasa jenuh dengan aktivitas belajar di rumah (daring/virtual), sedikit banyak berpengaruh dengan menurunnya motivasi belajar dan juga berpengaruh kepada kondisi mental dan fisik.

Kepala SMAIT Insan Sejahtera Sumedang Ir Hamidan melalui Wakil Kepala SMA IT Insan Sejahtera Sumedang Melinda Agustina, S.P mengatakan hal itulah yang melatarbelakangi digelarnya pelatihan hipnoterapi kepada para pelajar SMA IT Insan Sejahtera Sumedang.

“Diharapkan dengan pelatihan hipnoterapi ini para pelajar SMA IT Insan Sejahtera bisa lebih meningkatkan semangat dalam belajar, beribadah, menghafal Al Qur’an dan mempunyai cita-cita yang tinggi yang salah satunya bermimpi untuk kuliah di luar negeri,” tutur Melinda usai pelatihan, Selasa (10/11/2020).

Dalam pelatihan hipnoterapi tersebut digelar sesuai dengan protokol kesehatan. Para peserta, panitia dan pengisi acara wajib menjalankan prosedur prokes 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun) terlebih dahulu sebelum acara dimulai.

Bertindak sebagai motivator atau trainer yang juga seorang ahli hipnoterapi yakni Edy Junaedi, SAg, CH, CHT dari Bandung. Pada sesi awal dibuka dengan tayangan tentang kisah kesuksesan orang-orang yang mengalami keterbatasan fisik. Dilanjutkan dengan beberapa tayangan yang memotivasi pelajar untuk percaya pada pikiran sendiri, tidak mudah menyerah dan selalu bersyukur.

Di tengah acara trainer yang telah mengantongi sertifikat IBH (The Indonesian Board of Hypnotherapy) ini menunujukan kekuatan pikiran dan diakhiri dengan hipnoterapi kepada seluruh siswa SMAIT Insan Sejahtera. Dalam pelatihan itu juga disampaikan berbagai kunci sukses dalam belajar, menghadapi ujian sekolah, dan trik meningkatkan motivasi belajar siswa.

Sementara itu, Fathurrochman Tri Laksana salah seorang peserta pelatihan (kelas XI IPS) mengaku senang bisa mengikuti pelatihan tersebut yang bekerjasama dengan Penerbit Erlangga.

“Penyampaian materinya interaktif, melibatkan otak kanan dan kiri dalam game sederhana sehingga menggugah motivasi belajar,” ujar Fathurrochman.(*/rik)