Enam Pelajar MA Plus Al Munir Ikuti KSMO Tingkat Nasional

oleh -
Dua orang pelajar MA Plus Al Munir tengah mengikuti KSMO tingkat nasional yang diawasi oleh sistem artificial intellegence melalui webcam, Rabu (11/11/2020)

RADARSUMEDANG.ID–Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah tahun 2020 kali ini digelar secara daring dan serentak secara nasional. Di Kabupaten Sumedang sendiri pelaksanaan KSMO (KSM online) dimulai secara bertahap sesuai jenjang madrasah.

Untuk tingkat Madrasah Ibtidayah (MI) digelar pada Senin (9/11/2020), sehari berikutnya diikuti Madrasah Tsanawiyah (MTs) (10/11/2020), dan tingkat Madrasah Aliyah (MA) di hari Rabu (11/11/2020).

Kepala MA Plus Al Munir Sumedang H Budiman, MM menuturkan KSM tahun ini diselenggarakan berbeda dari tahun sebelumnya. “Kalau KSM tahun sebelumnya dilakukan berjenjang dari tingkat kabupaten, provinsi sampai nasional. Kemudian ujiannya ujian tulis kertas. Sementara karena dalam suasana pandemi Covid-19 maka digelar serentak nasional secara online,” terang H Budiman, Rabu (11/11/2020) di Kampus MA Plus Al Munir Sumedang di Jalan Pager Betis Desa Baginda, Kecamatan Sumedang Selatan.

Dijelaskan Budiman KSMO merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains yang digelar Kementerian Agama RI. Kegiatan ini menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sekaligus menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat.

“Kompetisi ini memiliki beberapa keunggulan karena berbeda dari kompetisi sains pada umumnya. Sisi keunggulannya dari sisi konten karena mengintegrasikan ilmu sains dengan muatan keislaman,” terangnya.

Dari MA Plus Al Munir Sumedang sendiri mengikuti enam kategori sesuai mata pelajaran yang dikompetisikan. Mereka yakni Harni kelas XII IPA (matematika), Sonya kelas XI IPA (fisika), Leni kelas XII IPA (kimia), Irena kelas XII IPA (biologi), Hismi kelas XII IPS (ekonomi), Dina kelas XII IPS (Geografi).

“Dari MA kami enam orang pelajar mengikuti KSMO. Mereka yang terpilih sebelumnya sudah melewati tahapan seleksi di tingkat MA terlebih dahulu. Semoga bisa menorehkan prestasi langsung di tingkat nasional,” harap Budiman.

Adapun pelaksanaannya, KSMO di tingkat MA dibagi ke dalam beberapa sesi. “Setiap sesi hanya bisa diikuti dua orang pelajar dengan diawasi oleh sistem artificial intellegence yang digunakan dalam KSMO tersebut, jadi siswa benar-benar langsung diawasi online. Setiap sesinya hanya 120 menit saja,” urai Budiman.

Seperti diketahui pada jenjang MI, lomba dibagi pada dua bidang yaitu Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. Sementara pada jenjangg MTs disediakan tiga bidang lomba, yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi. Untuk jenjang MA ada lima bidang lomba, yaitu Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi Terintegrasi. Pemenang KSMO akan diumumkan pada 19 November 2020. Secara nasional KSMO 2020 diikuti 66.778 siswa dari semua jenjang madrasah.(rik)