Petakan Pengembangan Karier, Kemenag Sumedang Gelar AKG, AKK dan AKP

oleh -
MONITORING: Kasi Penmad Kemenag Sumedang, Drs. Suwarno, M.Pd sedang monitoring Kegiatan AKG, AKK dan AKP di MTsN 3 Sumedang Kec. Situraja.

RADARSUMEDANG.ID–Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang menggelar Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK) dan Asesmen Kompetesi Pengawas (AKP), Kamis (19/11/2020).

Humas Kemenag Kabupaten Sumedang H Hasan Bisri mengatakan kegiatan AKK, AKG dan AKP ini dilaksanakan dari tanggal 19 s.d 23 November 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Tiga kegiatan asesmen ini dilakukan dalam rangka pemetaan kompetensi dan pengembangan karier, yang merupakan bagian dari manajemen karir pegawai dengan menerapkan prinsip Merit System yang dilakukan melalui mutasi, promosi dan penugasan khusus serta pengembangan keprofesian berkelanjutan,” terang H Bisri.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan AKG, AKK dan AKP saat ini, peserta yang mengikuti kegiatan terdiri atas : guru madrasah ibtidaiyah (MI), guru madrasah tsanawiyah (MTs) yang mengampu mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA Terpadu dan Bimbingan Konseling.

Kemudian untuk guru madrasah aliyah (MA) diikuti seluruh guru yang mengampu mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi dan Bimbingan Konseling.

“Selain diikuti guru-guru madrasah juga diikuti para kepala madrasah termasuk kepala RA dan para pengawas madrasah,” tukas H Bisri.

Para peserta seluruh kegiatan asesmen ini terlebih dahulu melakukan pendaftaran sejak 9 sampai dengan 13 November 2020 lalu melalui situs Simpatika. “Bagi guru yang masuk kategori wajib mengikuti AKG, kepala madrasah dan pengawas wajib mendaftarkan diri secara individu dan mengikuti asesmen sesuai tempat asesmen kompetensi (TAK),” urainya lagi.(rik)