Pelajar SMAIT Insan Sejahtera Sabet Gelar “Duta Genre” 2020

oleh -
Juara 1 Terbaik Grand Final Duta Genre 2020 Parhan Yusuf berfoto bersama Sekda Sumedang Herman Suryatman (kanan) dan Bunda Genre Kabupaten Sumedang dalam hal ini Ibu Bupati Sumedang Hj. Susi Gantini (kiri)

Menjadi Wakil Kabupaten Sumedang ke Tingkat Provinsi

RADARSUMEDANG.ID–Setelah melewati proses seleksi yang ketat, akhirnya Parhan Yusup, pelajar kelas X SMA IT Insan Sejahtera Sumedang berhasil menjuarai ajang pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) Kabupaten Sumedang tahun 2020 dalam babak grand final Duta Genre, Sabtu (28/11/2020) malam.

Sebelumnya Parhan Yusup berhasil melewati babak penyisihan dan berhasil menjadi wakil dari Kecamatan Sumedang Utara hingga lolos ke-26 besar yang terdiri dari 13 finalis terbaik putra dan 13 finalis terbaik putri di Kabupaten Sumedang

“Alhamdulillah ananda Parhan Yusup berhasil melewati seluruh tahapan seleksi dari awal hingga menjuarai di grand final tingkat kabupaten sebagai Juara Terbaik 1 Duta Genre Putra Kabupaten Sumedang 2020. Insya Alloh akan mewakili Kabupaten Sumedang ke tingkat provinsi,” tutur Wakil Kepala SMA IT Insan Sejahtera Sumedang Melinda Agustina, S.P, Minggu (29/11/2020).

Dalam babak grand final yang diikuti 13 finalis putra dan 13 finalis putri harus melewati tahapan penilaian dalam kegiatan lomba Duta Genre tersebut. “Para finalis dinilai dalam menyampaikan inovasinya terkait sosialisasi generasi berencana kepada anak remaja, kesehatan reproduksi remaja, life skill dengan konsep diri penyiapan berkeluarga bagi remaja,” ulasnya.

Selain itu, aspek lain yang menjadi kategori penilaian yaitu publik speaking, etika duta GenRe, penanganan stunting di hulu, komunikasi informasi yang baik serta yang lainnya. “Dari beberapa aspek penting dalam penilaian lomba Duta Genre itu, alhamdulillah ananda Parhan mendapatkan nilai unggul sehingga berhasil keluar sebagai juara 1 terbaik,” ungkap Melinda.

Setelah berhasil menyandang gelar Duta Genre Kabupaten Sumedang, selanjutnya Parhan Yusup akan mendapatkan tugas dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Sumedang.

“Pertama akan menjadi wakil Kabupaten Sumedang dalam pemilihan Duta Genre tingkat provinsi. Juga diamanahi untuk mensosialisasikan terkait penyiapan kehidupan keluarga bagi remaja dengan melaksanakan 8 fungsi keluarga ke pusat informasi konseling (PIK) remaja yang ada di Sumedang,” imbuhnya.

Seperti diketahui 8 fungsi keluarga tersebut adalah agamis, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, peningkatan ekonomi dan pembinaan lingkungan.(rik)