Kabar Gembira! Tahun 2021 Kampus PTSA Bakal Menjadi Universitas

oleh -
Ketua Pengurus YPSA Sumedang Drs H Yuyun Hidayat (kiri) saat diwawancarai reporter SMTV Sumedang di Aula PTSA Sumedang, baru-baru ini.

KOTA, RADARSUMEDANG.ID–Kabar gembira bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Sumedang, pasalnya kampus-kampus sekolah tinggi yang tergabung dalam Perguruan Tinggi Sebelas April (PTSA) Sumedang dalam waktu dekat bakal segera bertransformasi menjadi sebuah universitas.

Demikian terungkap dari Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang Drs. H. Yuyun Hidayat di sela-sela acara wisuda daring kampus PTSA yang ke-38 di Aula PTSA Sumedang, baru-baru ini.

“Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumedang kami memohon doa restu karena tidak akan lama lagi kampus PTSA akan segera berganti nama menjadi Universitas Sebelas April (Unsap) Sumedang,” ungkap H Yuyun Hidayat.

H Yuyun mengulas jika nama Unsap sudah sejak lama terpatri di hati masyarakat Sumedang. “Namun kenyataannya masih gabungan dari sekolah tinggi-sekolah tinggi. Nah, tidak berapa lama lagi Unsap Sumedang sebenarnya segera terwujud,” ulasnya.

Beberapa sekolah tinggi yang berada di bawah naungan PTSA, lanjut H Yuyun, akan berubah menjadi fakultas-fakultas. “Nanti akan berubah terdiri dari fakultas-fakultas, saat ini masih menempuh perizinan yang tinggal 10 persenan lagi harus dipenuhi. Insya Alloh target 2021 sudah berdiri resmi menjadi Universitas Sebelas April (Unsap) Sumedang,” pungkasnya.

Seperti diketahui YPSA Sumedang didirikan pada tanggal 22 April 1982. Pendiriannya dilatarbelakangi oleh motivasi pengabdian sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Sumedang terhadap pembangunan nasional, khususnya pembangunan yang mempunyai kontribusi langsung dalam upaya menciptakan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Sebagai realisasi keinginan tersebut, pada tahun 1982, berdiri Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sebelas April Sumedang sebagai cikal bakal Universitas Sebelas April (UNSAP) Sumedang.

YPSA Sumedang sesuai dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No. 60 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi, berperan sebagai penyelenggaraan Pendidikan Tinggi yang legal.

“Syukur alhamdulillah, sampai sekarang YPSA Sumedang masih terus dapat melaksanakan pengabdiannya bahkan memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan,” ucap H Yuyun.

H Yuyun lebih jauh mengatakan, YPSA Sumedang bertujuan mendirikan dan menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berjiwa Pancasila yang berlandaskan UUD 1945, mempunyai integritas kepribadian yang tinggi, terbuka, mempunyai tanggung jawab moral, tanggap terhadap perkambangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peka terhadap perubahan sosial yang terjadi di masyarakat serta mampu mengamalkan keahlian menurut profesinya bagi kepentingan masyarakat dan membentuk SDM yang berkualitas.(*/rik/net)