Lima Kandidat Ketum Siap Bertarung dalam Musda V PKS Sumedang

oleh -
KIRI KE KANAN: Lima kandidat Ketua DPD PKS Sumedang yaitu : H Yana Flandriana, H Rahmat Juliadi, Dadang Sopian, Iwan Nugraha, dan Apiatno

KOTA, RADARSUMEDANG.ID–Lima orang tokoh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sumedang dipastikan bakal bertarung dalam suksesi lima tahunan yakni Musyawarah Daerah (Musda) V PKS Sumedang yang akan digelar pada 27 sampai 28 Desember 2020.

Sekretaris Umum DPD PKS Kabupaten Sumedang dr. Iwan Nugraha menyebutkan kelima orang tokoh yang bakal mencalonkan diri sebagai Ketum DPD PKS Sumedang tersebut yakni orang-orang penting di jajaran PKS Sumedang.

“Nama-nama kuat di Musda kali ini, tentunya ada Ketua Fraksi PKS Pak Dadang Sopian Syauri, kemudian drg. Rahmat Juliadi yang dikenal sebagai aleg paling senior di PKS, ada juga incumbent yakni H. Yana Flandriana, kemudian Doktor Apiatno, terakhir Saya sendiri,” ungkap Iwan, kemarin (23/12/2020).

Iwan mengatakan lantaran saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, maka dalam pelaksanaan acara yang digelar lima tahunan untuk memilih pengurus baru PKS ini bakal digelar sesuai dengan protokol kesehatan (prokes).

“Musda V ini akan digelar secara offline dengan jumlah peserta 15 sampai 20 orang. Sementara seluruh kader dan struktur PKS Sumedang bisa mengikuti musda ini secara online melalui aplikasi Zoom Meeting,” kata Iwan.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan kegiatan musda yang bertujuan untuk memilih Ketua DPD PKS Sumedang yang baru ini menjadi rangkaian mekanisme demokrasi di dalam tubuh partai yang baru saja berganti logo ini.

“Musda ini tentunya untuk memilih Ketua baru PKS Sumedang, yang sebelumnya kita sudah adakan Pemilihan Raya (Pemira) calon-calon Ketua PKS Sumedang. Hasil dari Pemira itu nanti disyurokan dan hasilnya akan diumumkan di Musda PKS Sumedang kelima,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat asal fraksi PKS yang juga Ketum DPD PKS Sumedang dua periode, H Ridwan Solichin menyambut gembira dengan segera digelarnya Musda V PKS Sumedang tersebut.

“Tentunya Musda ini harus disambut gembira oleh seluruh kader, simpatisan dan pengurus PKS Sumedang, meskipun memang masih dalam suasana pandemi. Melalui Musda ini menjadi momentum PKS Sumedang untuk seiring sejalan dengan PKS dari tingkat pusat dan wilayah yang baru saja melewati Munas dengan menghasilkan sejumlah perubahan mendasar,” tandas politisi yang familiar disapa Kang RinSo ini.

Saat disinggung tentang sosok yang bakal menahkodai DPD PKS Sumedang sebagai Ketum, Kang RinSo memiliki beberapa kriteria penting. “Sebetulnya siapapun itu memiliki kesempatan menjadi Ketum PKS Sumedang yang sesuai dengan mekanisme partai. Namun yang terpenting dia itu harus memiliki pengalaman kepartaian yang cukup, kritis terutama dengan kepentingan publik, luwes, dan sangat dikenal oleh masyarakat Sumedang,” sebutnya.(rik)