Libur Cuti Bersama, Kang RinSo Blusukan Penuhi Undangan Warga

oleh -
Kang RinSo saat menghadiri undangan warga Desa Sukatani Kecamatan Compreng, Jumat (25/12/2020)

SUBANG, RADARSUMEDANG.ID–Meskipun dalam kondisi libur cuti bersama Natal 2020, Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat asal fraksi PKS, H Ridwan Solichin, S.IP, M.Si tetap beraktivitas dengan memenuhi undangan warga Desa Sukatani Kecamatan Compreng Kabupaten Subang, Jum’at (25/12/2020).

“Sebenarnya libur cuti bersama tetapi tidak ada salahnya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat bagi konstituen di Kabupaten Subang. Kebetulan Pak Kades Sukatani Bapak Abdurrahman meminta kami dari Komisi 1 DPRD Jabar untuk sedikit berdiskusi tentang segala hal terkait pemerintahan desa,” ujar Kang RinSo, panggilannya, Jumat (25/12/2020) usai acara.

Lantaran masih dalam suasana pandemi juga, Kang RinSo menggelar pertemuan dengan aparatur Desa Compreng sampai tingkat RW dengan memperhatikan prokes. “Curah pendapat tentang program-program dari tingkat provinsi yang sampai desa. Banyak hal dari mulai bantuan keuangan desa, distribusi bansos covid-19, program desa wisata, dan lainnya,” ungkapnya.

Di hadapan seluruh aparatur desa, dewan yang membidangi pemerintahan desa ini mendorong pihak desa untuk pro aktif mengakses program-program untuk desa dari Pemprov Jabar.

“Banyak program-program di tingkat provinsi yang diperuntukan bagi desa, seperti dana bantuan keuangan desa, bagaimana agar desa bisa mendapatkan bantuan mobil maskara, walaupun saat ini hanya bagi desa-desa mandiri saja. Namun kami mendesak kedepannya agar seluruh desa mendapatkan mobil maskara ini,” tandas RinSo.

Termasuk pemerintah desa juga, perlu mendapatkan sosialisasi tentang manajerial BUMDes yang baik, mengetahui program provinsi seperti one village one company, Gerbang Desa, dan digitalisasi layanan desa.

“Diharapkan dengan adanya semacam sosialisasi ini bisa memberikan gambaran bagi pemerintah desa apa yang harus mereka lakukan untuk mengakses program-program tersebut,” pungkasnya.(rik)