Fokus Tingkatkan Mutu Pendidikan Diniyah, FKDT Sumedang Gelar Raker

oleh -
RAKER: FKDT Kabupaten Sumedang menggelar rapat kerja tahun 2021di Aula Gedung FKDT Sumedang di Jalan Kutamaya Sumedang, Kamis (25/2/2021).

KOTA, RADARSUMEDANG.ID–Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Sumedang serius dalam mengembangkan pendidikan madrasah diniyah takmiliyah khususnya di Kabupaten Sumedang. Hal tersebut terbukti dengan digelarnya rapat kerja (raker) pengurus madrasah diniyah takmiliyah se-Kabupaten Sumedang, Kamis (25/2/2021) di Aula Gedung FKDT Kabupaten Sumedang.

Ketua FKDT Kabupaten Sumedang H. Nurony Octora, S.Kom mengatakan tujuan digelarnya raker tahun 2021 ini sebagai evaluasi terhadap program-program yang telah diagendakan pada Musda FKDT Kabupaten Sumedang Desember 2019 lalu di Kabupaten Pangandaran.

Evaluasi secara umum disampaikan Ketua FKDT Sumedang kemudian dalam setiap sesi berikutnya masing-masing ketua bidang yang terdiri dari Bidang Kurikulum, Organisasi, Kesiswaan, Kelembagaan dan Tenaga Pendidik dan Kependidikan membahas tiap capaian program dan strategi akselerasinya sekaligus memaparkan rencana program kerja selanjutnya.

Ketua FKDT Sumedang H Nurony Octora, SKom (pegang mix) menyampaikan sambutan dalam pembukaan raker

“Hingga saat ini, beberapa program FKDT yang sudah berjalan yang ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan diniyah sudah menampakan hasilnya seperti program uji kompetensi guru (UKG) diniyah. Bagi guru diniyah yang lulus UKG pun berhak mendapatkan insentif, meskipun tidak besar nilainya namun diharapkan bisa menjadi motivasi dan bentuk perhatian dari pemerintah daerah,” terang H Nurony.

Lebih jauh, H Nurony menjelaskan FKDT yang menaungi seluruh diniyah di Kabupaten Sumedang, bersama para ketua FKDT, Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah, dan seluruh guru diniyah menjadi ujung tombak peningkatan kualitas dan pelayanan pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah ke arah yang lebih baik.

“Jangan sampai peran madrasah diniyah yang sejak dini menanamkan ajaran agama Islam dipandang sebelah mata, untuk itu madarasah diniyah sebagai lembaga pendidikan yang menanamkan nilai-nilai agama bagi anak-anak muslim sudah selayaknya mendapat perhatian lebih dari masyarakat ketimbang lembaga pendidikan lainnya,” tandasnya.

46 peserta raker yang merupakan 20 pengurus FKDT Sumedang dan 26 orang para ketua FKDT kecamatan se-Kabupaten Sumedang

Sementara itu Sekretaris FKDT Kabupaten Sumedang H Budiman, SPd, MM menyebutkan raker tahun ini diikuti lebih dari 46 orang. “Para peserta merupakan pengurus harian FKDT dan seluruh ketua FKDT kecamatan se-Kabupaten Sumedang. Alhamdulillah acara ini dibuka oleh Bapak Kepala Kemenag Sumedang H Jajang Apipudin dan Bapak Kasie PD Pontren Kemenag Sumedang yang memberikan pengarahan,” sebut H Budiman.

Dalam sesi pembukaan, sebelum raker dimulai diisi dengan pemberiaan materi tentang peningkatan mutu pendidikan diniyah di Sumedang yang disampaikan sejumlah narasumber. Di antaranya Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Dr. Dian Sukmara, M.Pd, Kasi PD Pontren Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang, H Rahmat Hidayat, S.Ag, M.Si, Ketua Dewan Kode Etik FKDT yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif Sumedang, Drs.H Yayan Muchtar, M.PdI.(*/rik)