Akibat diguyur hujan deras, puluhan rumah di Dusun Cibitung diterjang banjir bercampur lumpur

oleh -

RADARSUMEDANG.ID, KOTA – Akibat diguyur hujan deras, puluhan rumah di Dusun Cibitung RT 02 RW 03 Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara diterjang banjir bercampur lumpur, Senin (7/3). Banjir mencapai ketinggian 1 meter.

Warga sekitar, Junaedi (57) menuturkan, akibat banjir itu 11 ekor ayam dan 14 bebek miliknya hilang, diduga hanyut terbawa arus.
“Tanggul kandang ayam saya jebol, air langsung masuk, bebek 15 ekor sisa satu, ayam 11 ekor,” katanya.

Junaedi menuturkan, banjir kali ini lebih besar dari biasanya, hingga menyebabkan tanggul di sekitar rumahnya jebol. Ketinggian air mencapai 1 meter.
“Biasa nggak kaya gini, tapi sekarang sampai lumayan tinggi ” ucapnya.

Warga lainnya, Yono (60) menuturkan, banjir diperkirakan adanya proyek jalan Tol Cisumdawu, menyebabkan pendangkalan pada aliran Sungai Cibitung, hingga tak mampu menampung debit air hujan.

“Selama saya tinggal di sini belum pernah air masuk ke rumah-rumah. Setelah adanya jalan tol karena mungkin tidak ada resapan untuk pembuangan, maka air meluap, terjadilah dampaknya ke sini,” ujarnya.

Kata Yono, sekitar 20 rumah terdampak banjir dari Sungai Cibitung.
“Di sini semua rumah rata terdampak banjir, kurang lebih 20 rumah,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Kusnadi (50), warga setempat yang juga terdampak banjir tersebut. Menurutnya, banjir itu terjadi setelah adanya proyek Jalan Tol Cidumdawu.

“Sebelumnya tidak pernah terjadi, baru kali ini. Tadi ketinggian air cukup tinggi setelah air meluap dari Sungai Cibitung,” ucap Kusnadi.

Warga berharap ada perhatian dari pemerintah setelah adanya banjir yang baru pertama kali terjadi ini, supaya kejadian yang sama tidak kembali terulang. (gun)

oleh